Sebanyak 23.491 pemudik melintas di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan hingga memasuki Kamis hari ini atau H+9 Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah.

"Total penumpang turun atau tiba di Banjarmasin 9.609 orang, sedangkan penumpang naik atau berangkat ke Surabaya 13.882 orang," kata Kepala Posko Terpadu di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Capt Maltus Jackline, Kamis.

Jumlah penumpang angkutan laut di masa mudik itu dihitung sejak awal Posko Terpadu 17 April 2022 sampai hari ini. 

Sementara khusus arus balik yang tercatat sejak 6 Mei 2022 sampai sekarang sudah ada  6.207 penumpang turun atau kembali ke Banjarmasin dan 2.487 penumpang berangkat ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Untuk hari ini ada dua kapal yang sandar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin yaitu KM Dharma Rucitra I dari operator PT Dharma Lautan Utama (DLU) membawa 1.081 penumpang dan 189 unit kendaraan beserta 85 sopir dan kernet.

Kemudian KM Niki Barokah milik PT Berlian Lautan Sejahtera membawa 308 penumpang dan 66 unit kendaraan beserta 52 sopir dan kernet.

Maltus yang menjabat Kabid Status Hukum dan Sertifikasi Kapal Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin mengungkapkan arus balik masih akan terjadi hingga pertengahan bulan Mei ini mengingat sebagian pemudik dari pulau Jawa belum kembali.

"Mungkin saja karena masa libur bekerja pada sebagian pemudik di sektor swasta masih ada sehingga mereka menunda kepulangan ke Kalimantan," jelasnya.

Maltus mewakili Kepala KSOP Kelas I Banjarmasin Hartanto menyatakan pihaknya bersama petugas unsur gabungan tetap siaga memberikan pengamanan dan pelayanan arus balik di Posko Terpadu hingga 18 Mei 2022 mendatang.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022