Ketua Persatuan Wartawan (PWI) Kalimantan Selatan, Zainal Helmi meminta kepada seluruh wartawan/jurnalis yang bertugas di Tanah Bumbu dan tergabung dalam organisasi itu memiliki integritas dan akhlak yang baik.

"Wartawan sudah bekerja secara profesional namun tidak memiliki integritas dan akhlak yang baik maka yang bersangkutan akan kehilangan kredibilitas," kata Zainal Helmi saat emberikan sambutan dalam acara Pelantikan Ketua PWI Tanah Bumbu di Batulicin Kamis.

Ia mengatakan, jika seseorang jurnalis tidak memiliki integritas diri yang kuat maka orang lain akan menjauh untuk menghindari kekecewaan.

Integritas adalah praktik bersikap jujur dan menunjukkan kepatuhan yang konsisten dan tanpa kompromi terhadap prinsip, nilai moral dan etika yang kuat.

Bukan hanya itu, seorang jurnalis juga dituntut untuk dapat melaksanakan tugas jurnalistik secara profesional, memberitakan yang benar adalah benar.

"Banyak media sosial yang menulis informasi atau berita yang kurang akurat, tidak diketahui kebenarannya, maka diharapkan wartawan yang tergabung dalam PWI mampu menjadi wartawan yang cerdas, menjunjung kode etik jurnalistik dan profesional," pungkas Helmi.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022