Pelaihari, (Antaranews Kalsel) – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan,  HM Noor mengatakan, untuk kesiapan menghadapi bencana alam saat ini pihaknya telah membangun posko bencana alam.


"Menghadapi musim hujan tahun ini,  kami tetap siap siaga dengan membangun posko," ujar Kepala BPBD Tanah Laut HM Noor, di Pelaihari, Senin (28/12).

Menurut dia, dengan kondisi cuaca saat ini tidak  menentu, maka pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap titik-titik rawan bencana di wilayah Tanah Laut. .

"Kita tidak menginginkan bencana terjadi di wilayah Tanah Laut terjadi, namun demikian tetap waspada," ucapnya.

Diutarakannya,  pemantauan yang dilakukan  BPBD Tanah Laut tersebut mengikuti himbauan BMKG,  dan  memantau kawasan  dataran rendah karena kawasan itu ketika hujan datang akan berpotensi banjir.

"Dataran rendah terus kami pantau sebagai antisipasi penanganan bahaya banjir di musim hujan,” terangnya.

Dia  berharap, kepada warga masyarakat untuk terus waspada dengan cuaca  sekarang ini, tidak hanya berpotensi hujan besar, namun  angin kencang bias saja terjadi.

“ Jika terjadi musibah bencana, dapat segera menghubungi  BPBD Tanah Laut untuk diberikan pertolong sedini mungkin,” tegasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015