Posko layanan lebaran di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) selain menyediakan rest area atau tempat peristirahatan, juga menyediakan layanan tambal ban untuk para pemudik.

Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) HSS Ahmad Sani di Kandangan, Sabtu (7/5), mengatakan layanan ini tentunya dalam upaya untuk mengurai kemacetan dan antisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas karena kelelahan pemudik di perjalanan.

"Kita terus menyisir titik kemacetan untuk mengurai kemacetan, baik dari unsur Polres HSS, Kodim 1003/HSS dan Dishub serta pihak terkait lainnya, Alhamdulillah tidak ada kendala atau keluhan berarti," katanya, dalam keterangan.

Baca juga: Arus balik Hulu Sungai-Banjarmasin di HSS terpantau normal dan lancar

Dijelaskan dia, arus balik lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah di jalan poros utama Kalimantan Selatan (Kalsel), khususnya di HSS memang mulai dipadati pengendara.

Seperti di ruas jalan nasional Achmad Yani dan jalan daerah, ruas jalannya masih ramai padat baik arus mudik maupun arus balik menuju ke Kandangan atau ke Banjarmasin, bahkan sempat memicu kemacetan namun dapat tertangani di beberapa titik.

“Arus mudik sudah terjadi sejak hari kedua setelah Idul Fitri, tepatnya pada tanggal 3 Mei 2022 hingga sekarang,” katanya.

Menurut dia, titik kemacetan terlihat di Desa Pakumpayan, Kecamatan Angkinang, Parincahan, karena di dua titik tersebut terdapat banyak rumah makan yang disinggahi oleh pengendara, baik roda dua maupun empat.

Baca juga: Bocah perempuan korban tenggelam di Tanuhi dilaporkan meninggal

Pengendara memarkir kendaraan hingga memasuki badan jalan, dan meski padat merayap tidak mengakibatkan macet parah, karena arus lalu lintasnya masih tergolong lancar.

Selain di Desa Pakumpayan dan Parincahan,  wilayah Bundaran Ketupat Desa Hamalau, Sungai Raya dan Simpang Empat Kompi Senapan C Kandangan juga mulai dipadati para pengendara.

Dia memperkirakan puncak arus balik akan terjadi pada hari ini, Sabtu (7/5) hingga Minggu (8/5) malam, namun antisipasi terus dilakukan agar kemacetan parah tidak terjadi dan semua diharapkan bisa diatasi.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022