Memasuki hari kedua setelah Lebaran yaitu 
Selasa (3/5), jumlah Keberangkatan penumpang pesawat di Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan masih tinggi dibandingkan kedatangan.

"Untuk kedatangan 23 penerbangan mengangkut 2.117 penumpang, sementara keberangkatan 24 penerbangan 3.468 penumpang," kata Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor Ahmad Zulfian Noor di Banjarbaru, Rabu.

Menurut dia, kondisi tersebut membuktikan masih adanya pemudik yang berangkat meninggalkan Banjarmasin menuju sejumlah rute ke pulau Jawa dan Jakarta.

Selain pemudik, Zulfian menyebut penumpang yang berangkat diperkirakan untuk tujuan perjalanan wisata mengingat masih panjangnya cuti bersama bagi pegawai yang akan masuk kantor kembali pada Senin (9/5) pekan depan.

Sementara untuk gelombang penumpang arus balik diprediksi mulai terjadi sejak Jumat (6/5) hingga mencapai puncaknya pada Sabtu (7/5) dan Minggu (8/5) akhir pekan ini.

"Jika pada arus mudik lebih banyak penumpang yang berangkat, maka arus balik nanti akan didominasi kedatangan," jelas Zulfian.

Sebagai bentuk kesiapan mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus balik, bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I itu terus menyiagakan petugas gabungan di Posko Terpadu yang dijadwalkan sampai 10 Mei 2022 mendatang.

Sejumlah maskapai pun telah menyiapkan ekstra "flight" atau penerbangan tambahan untuk memenuhi permintaan penumpang dari beberapa rute tujuan Banjarmasin salah satunya keberangkatan dari Bandara Juanda Surabaya yang paling banyak saat arus mudik lalu.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022