Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad meluangkan waktunya untuk berkunjung dan bersilaturahmi ke tempat Lanjut Usia (lansia) asuh, Kai Aji, di Desa Pahampangan Kecamatan Padang Batung.

Ia mengatakan, menanyakan keadaan dan kesehatan serta bertanya ibadah Kai Aji dalam melakukan puasa ramadhan, dan bersyukur Kai Aji belum pernah tidak puasa sampai hari ke-25 bulan Ramadhan.

"Seluruh pejabat pemerintah daerah Kabupaten HSS menjadwalkan berkunjung ke lansia asuh masing-masing dalam rangka Bulan Suci Ramadan dan menjelang Lebaran," katanya, dalam keterangan beberapa waktu lalu.

Baca juga: PMI HSS jemput bola berbagi sedekah berbagi darah

Dijelaskan dia, bersyukur lansia asuh kelihatan sangat sehat dan di tengah kesendirian beliau, dan dapat beraktivitas sehari-hari, ada beberapa aktivitas beliau seperti kegiatan menyadap pohon getah di depan rumah dan di belakang rumah ada kebun sedikit.

Pihaknya juga merasa sangat senang karena rumah beliau selalu bersih dan rapi, Kai Aji ini suka bersih-bersih dan pihaknya datang membawakan keperluan sehari-hari, juga untuk menjelang lebaran dengan harapan dengan berbagi ini bisa bersama-sama semua bergembira di hari lebaran.

Melalui program ini, pihaknya ingin menjadi kebaikan bagi semuanya sebagai wujud pelaksanaan visi dan misi daerah, mewujudkan Kabupaten HSS yang sejahtera dunia dan akhirat.

“Untuk perhatian kita kepada para lansia orang tua asuh ini, juga mudah-mudahan membawa kebaikan bagi kita semua,” katanya.

Baca juga: Rencana pembangunan menara telekomunikasi Kemenkominfo di HSS disepakati

Kai Aji tinggal di rumah sederhananya di Desa Pahampangan Kecamatan Padang Batung, rumah ini merupakan hasil Program Rumah Sejahtera (PRS) dan beberapa bantuan dari Pemkab HSS lainnya.

Lansia asuh ini juga mendapatkan biaya kehidupan sehari-hari sebesar Rp225 ribu per bulan dari program Jaminan Hidup (Jadup) Lansia, bantuan Beras Sejahtera Daerah (Rastrada) yakni satu karung beras yang beratnya 10kg per bulan yang juga merupakan program Pemkab HSS.

Turut mendampingi Wakil Bupati HSS, yaitu Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial HSS, Jauhartati, Samping Desa serta aparat desa Pahampangan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022