Kapal PT Dharma Lautan Utama (DLU) rute Banjarmasin tujuan Surabaya berlayar hingga H-2 lebaran yaitu tanggal 30 April 2022 untuk mengangkut pemudik tahun ini.

"Untuk keberangkatan terakhir Sabtu besok dan keterisian penumpang sudah 60 persen atau sekitar 400 pax," kata Kepala Cabang PT Dharma Lautan Utama Banjarmasin Anton Wahyudi, Jumat.

Bagi masyarakat yang ingin mudik ke Pulau Jawa, DLU masih menyediakan tiket untuk berlayar dengan kapal KM Dharma Kartika lX yang dijadwalkan sandar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Sabtu pukul 19.00 WITA dan berangkat pukul 23.00 WITA.

Diakui Anton, keputusan keberangkatan terakhir kapal pada H-2 Lebaran setelah tidak ada lagi muatan yang terangkut dari Surabaya tujuan Banjarmasin, sehingga pelayaran kapal KM Dharma Kartika lX tanpa penumpang dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Sementara pada hari ini, KM Dharma Rucitra 1 yang berangkat dari Banjarmasin pukul 18.00 WITA, mengangkut 700 penumpang dan 119 unit kendaraan golongan 3 atau mobil kecil.
Kepala Cabang PT DLU Banjarmasin Anton Wahyudi mengontrol keberangkatan KM Dharma Rucitra 1. (ANTARA/Firman)


Anton mengungkapkan pula libur Idul Fitri tahun ini yang dibarengi momen mudik memang tidak seramai pada tahun 2019 lalu sebelum pandemi COVID-19.

Dia menyebut ada penurunan sekitar 20 persen meski kondisi saat ini tetap disyukuri karena setelah dua tahun mudik dilarang pemerintah, sehingga mengalami ketiadaan penumpang saat momen lebaran.

"Untuk tahun ini peningkatan justru terjadi pada angkutan mobil kecil dibanding kendaraan roda dua dan penumpang. Jadi kami tetap bersyukur," ucap Anton sembari menyampaikan terima kasih kepada seluruh penumpang yang tertib dan menaati protokol kesehatan selama pelayaran di atas kapal.

Baca juga: ARUS MUDIK - Kapal patroli Jembio amankan perairan Kalsel selama arus mudik
   

Pewarta: Firman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022