Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Pengurus Cabang Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan melaksanakan program Jagareksa Antibiotik atau edukasi penggunaan antibiotik ke masyarakat agar bisa menggunakan sesuai pedoman umum yang berlaku.

Sekrtris Pengurus Cabang IAI Kabupaten Tabalong Setyawan Andri Wibowo di Tanjung, Kamis menjelaskan kabupaten paling Utara di Provinsi Kalsel ini menjadi daerah percontohan se-Indonesia untuk Gerakan Apoteker Peduli Resistensi Antibiotik atau Jagareksa Antibiotik.

"Melalui program jagareksa ini masyarakat harus mendapatkan edukasi terkait penggunaan antibiotik untuk meminimalkan kejadian resistensi antibiotik dan Kabupaten Tabalong menjadi satu-satunya daerah percontohan gerakan ini," jelas Setyawan.

Salah satu bentuk edukasi atau penyuluhan yang dilakukan IAI Cabang kabupaten Tabalong salah satunya bakti sosial dan kampanye informasi obat langsung ke masyarakat.

Bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, bakti sosial yang telah dilaksanakan diantaranya konsultasi kesehatan, donor darah hingga konsultasi apoteker.

"Sebelumnya Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Tabalong juga melaksanakan pelatihan dengan tema "Low Cost Hight Quality dalam era Jaminan Kesehatan Nasional dengan mengundang nara sumber dari IDI Kalsel maupun Kabupaten Tabalong," tambah Setyawan.

Kegiatan ini dilaksanakan sekaligus mendukung Program Pembangunan Prioritas Kabupaten Tabalong di Bidang Kesehatan yaitu menyediakan pelayanan kesehatan yang murah dan berkualitas.

Dengan nara sumber masing-masing dr Rudiansyah (Ketua IDI Wilayah Kalimantan Selatan), dr Zaka Susetyawan (Ketua IDI Kab. Tabalong dan Tim Teknis Kendali Mutu Kendali Biaya RSUD H Badaruddin Tanjung), Dina Rahmawanty (Pengurus Daerah IAI Kalimantan Selatan) dan Aulia Abdussalam (Ketua PC IAI Kabupaten Tabalong).*

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015