Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melakukan pengadaan mobil dinas baru untuk bupati dan wakil bupati yang pengadaannya dianggarkan pada APBD murni 2022 ini mencapai Rp2,8 miliar.

Dari laman lembaga pengadaan secara elektronik (LPSE) HST pada Rabu (20/4) tercantum dua paket pengadaan mobil, pertama pengadaan kendaraan dinas untuk jabatan wakil kepala daerah (2500 cc) kode tender 3643315.

Kedua, pengadaan kendaraan dinas jabatan kepala daerah dengan kode tender 3642315. Dalam laman itu tertulis kedua pengadaan sudah selesai tahapan tender. Pemenang kedua tender tertulis CV Kana Surya Lestari dari Semarang, Jawa Tengah.

Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah, Riswandi saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya belum mengetahui spesifikasi mobil yang akan dibeli.

"Belum bisa dikonfirmasi spesifikasinya. Yang jelas jenis mobil Sport Utility Vehicle (SUV) atau kendaraan sport. Kemungkinan masih bisa gagal tendernya," ujarnya.

Riswandi menambahkan alasan pengadaan mobil ini karena mobil yang dipakai bupati dan wakil bupati pernah terendam banjir. Mobil yang dipakai bupati yakni merk Land Cruiser Prado sedangkan wabup Toyota Fortuner.

"Kewajiban pemda untuk menyediakan kendaraan dinas yg representatif dan layak untuk menunjang kegiatan kedinasan dan operasional," ujarnya.

Apakah pengadaan mobil jadi kebutuhan mendesak? Di tengah kondisi APBD HST yang tahun sebelumnya mengalami defisit. Pj Sekda HST Muhammad Yani punya pandangan lain.

Menurutnya kondisi APBD 2022 cukup memadai. "Trend-nya cukup memadai," ujarnya Yani singkat.

Baca juga: Polisi kejar perempuan TSK kasus narkoba kabur dari Rutan Barabai
Baca juga: Ekonomi masih sulit, sebagian warga Patikalain belum bisa pasang listrik
Baca juga: Sengketa aset senilai Rp3,9 M PDAM HST di jalan Loklaga terselesaikan

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022