Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Laut  (Sekdakab Tala) H Dahnial Kifli mengatakan, pandemi COVID-19 mengakibatkan cakupan imunisasi rutin lengkap pada anak menjadi rendah, sehingga mendorong pemerintah menyelenggarakan Bulan Imunisasi Anak (BIAN).

"Untuk mengejar kekurangan cakupan tersebut sekaligus memperingati Pekan Imunisasi Dunia, maka Pemerintah Kabupaten Tanah Laut menyelenggarakan BIAN,"demikian disampaikan oleh Bupati Tanah Laut HM Sukamta melalui Sekdakab Tala H Dahnial Kifli, saat membuka acara Monitoring Evaluasi dan Sosialisasi BIAN Tingkat Kabupaten, di Gedung Sarantang Saruntung Pelaihari, Selasa (19/4/2022).

Dia berharap, momentum pekan imunisasi dunia dapat meningkatkan semangat tenaga kesehatan, masyarakat dan stakeholder terkait maupun mitra pembangunan menjalankan program imunisasi demi tercapainya tujuan keluarga Indonesia yang sehat dan berkualitas.

Untuk pelaksanaan BIAN di Kabupaten Tanah Laut, sebut dia,  dimulai pada Mei 2022. 

Satu dosis imunisasi Campak-Rubella, terang dia,  akan diberikan kepada anak kurang dari lima tahun.
 
Dodis itu diberikan, lanjut dia, terlepas dari status imunisasi sebelumnya dan berdasarkan rekomendasi ditetapkan untuk masing-masing wilayah. 

"Satu atau lebih jenis imunisasi akan diberikan untuk melengkapi status imunisasi anak usia kurang dari lima tahun,"terangnya.

Berdasarkan data rutin terbaru Kementerian Kesehatan (Kemkes) RI, papar dia,  cakupan imunisasi dasar lengkap secara nasional telah menurun secara signifikan sejak awal pandemi COVID-19.

Dari 84,2 persen pada tahun 2020, ungkap dia,  menjadi 79,6 persen pada tahun 2021. 

Cakupan imunisasi dasar lengkap di Kabupaten Tanah Laut, sambungnya,  sempat mengalami penurunan dari yang sebelumnya di angka 88,9 persen, pada tahun 2019, turun menjadi 77,3 persen pada tahun 2020.

Akan tetapi, tegas dia, capaian tersebut kembali naik di tahun 2021 menjadi 87,5 persen.

Hadir sebagai narasumber pada sosialisasi tersebut Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan (Dinkes Kalsel) Abdul Choliq.

Turut berhadir pada acara terdebut unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Tanah Laut (Forkopimda Tala), Kepala SKPD terkait lingkup Pemkab Tala, Camat se-Kabupaten Tanah Laut dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Tanah Laut. 
 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022