Lembaga Pemasyakatan Kelas III Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menerima tambahan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari Kementerian Hukum dan HAM guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pada lembaga tersebut.

Plt Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Batulicin Yosef Benyamin Yembise di Batulicin Kamis mengatakan, Alhamdulillah akhirnya Lapas Kelas III Batulicin mendapatkan penambahan Pegawai sebanyak 18 Orang dan CPNS sebanyak 11 orang,"

Dengan adanya penambahan ini tentunya lapas kelas III Batulicin telah sangat siap beroperasi melaksanakan pembinaan kepada warga binaan pemasyarakatan.

"Saat ini ada lima pejabat utama struktural pada masing-masing bidang yang bertujuan untuk membina, orientasi,dan administrasi pada Lapas Kelas III Batulicin, Serta ditambahnya pegawai negeri sipil untuk menambah penguatan pada regu penjagaan dan pengamanan dan ditambah11 CPNS tahun 2021 dari Kemenkum HAM Kantor Wilayah Kalimantan Selatan," ujarnya.

Ini yang menjadi harapan kami selama ini untuk mempercepat pengoperasian pada Lapas Kelas III Batulicin ini.

Setelah membagi tugas dan mengatur jadwal penjagaan Lapas Kelas III Batulicin sudah mempunyai empat regu jaga yang siap melaksanakan tugas penjagaan dan pengamanan.

Dengan terbentuknya regu penjagaan yang sudah standar pengamanan maka dalam waktu dekat kita akan coba kembali memindahkan lagi Warga Binaan Pemasyarakatan Kelas II A Kotabaru Sebanyak 25 orang ke Lapas Kelas III Batulicin, serta akan terus berlanjt sampai semua kamar dan blok bisa terisi.

"Setelah terisi maka lapas kelas III Batulicin akan siap untuk diresmikan, yang rencananya akan dilakukan oleh Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia," ijar pria yang berdarah asli papua tersebut.

Yosef menambahkan, lapas kelas III Batulicin nantinya akan di isi oleh narapidana asal tanah bumbu yang sedang menjalani pidananya di Lapas Kelas II A Kotabaru, Ini semua menanggapi permintaan keluarga WBP serta memberikan kemudahan untuk membesuk.

"Menindak lanjuti hal tersebut yang mana lapas kelas II A Kotabaru yang sudah mencapai over kapasitas maka kami mencoba memberikan pelayanan terbaik untuk WBP dan keluarga dengan cara memindah secara bertahap ke Lapas kelas III Batulicin yang ada di Desa Saring Sei Bubu Kecamatan Kusan Tengah ini,"tegasnya

"Kita berharap sarana dan prasarana pada kantor Lapas Kelas III Batulicin ini segera terisi agar dapat memudahkan sistem pengolahan data dan administrasi yang standar, dengan adanya sarana tersebut tentunya akan mempercepat segera di resmikannya Lapas ini," pungkasnya.
Lapas Batulicin terima tambahan personil dari Kemenkum Ham (Antaranewskalsel/Sujud)

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022