Ketua Kaukus Perempuan Politik Kalimantan Selatan (Kalsel) Hj Dewi Damayanti Said berpendapat, untuk memaknai perjuangan Raden Ajeng Kartini, terutama di provinsinya dengan terus mengaktualisasikan kesetaraan gender.

"Karena kesetaraan gender bagian atau tidak terlepas emansipasi perempuan yang RA Kartini perjuangkan berabad silam," ujarnya melalui WA menjawab Antara Kalsel di Banjarmasin sebelum berangkat mengikuti studi komparasi ke luar daerah,  Rabu (13/4/22).

Pendapat mantan Ketua Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG)  Kalsel itu dalam konteks peringatan ke-143 tahun Hari Kartini pada Tahun 2022.

"Sebagaimana kita ketahui RA Kartini yang lahir di Jepara, Jawa Tengah (Jateng), 21 April 1879 kendati secara sembunyi-sembunyi karena masa Hindia Belanda, perempuan dari keluarga ningrat itu memperjuangkan emansipasi atau kesetaraan gender bagi kaumnya.

Menurut "Srikandi" Partai Golkar tersebut yang kini berada di Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kalsel, hasil perjuangan RA Kartini kini sudah semakin tampak.

Sebagai contoh dalam dunia politik sudah banyak kaum perempuan yang menjadi wakil rakyat atau DPR RI, DPRD provinsi dan kabupaten/kota, seperti halnya di Kalsel yang kini berpenduduk lebih empat juta jiwa tersebar pada 13 kabupaten/kota.

Begitu pula dalam pemerintahan atau ekskutif, baik tingkat pusat maupun daerah sudah ada menduduki posisi strategis seperti Menteri, Kepala Daerah, serta kepala dinas/badan pada provinsi dan kabupaten/kota.

Ia mencontohkan di Kalsel selain pernah perempuan menjadi Ketua DPRD provinsi dan kabupaten, juga menjadi Bupati seperti Hj Noomiliyani AS SH dari Partai Golkar.

Selain itu, keanggotaan DPRD Kalsel hasil Pemilu 2019 untuk perempuan mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan hasil Pemilu sebelumnya, kendati tidak signifikan yaitu dari enam (2014 - 2019) menjadi delapan orang.

"Namun tidak boleh puas hanya sampai disitu, tapi jika memungkinkan dan ada peluang, kenapa tidak harus meningkat lagi, baik secara kualitas maupun kuantitas," ujar wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel I/Kota Banjarmasin itu.

"Kita bersyukur atas perhatian semua pihak terhadap emansipasi perempuan atau kesetaraan gender seperti halnya di Kalsel yang masih merupakan barometer provinsi lain di Pulau Kalimantan," demikian Dewi Damayanti Said.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022