Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Perdagangan (Disdag) melaksanakan operasi pasar murah di setiap kecamatan secara bergilir.

Kepala Bidang Bina Perdagangan Disdag HSS Amelia Budiarti di Jelatang, Selasa (5/4), mengatakan kegiatan ini dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah, termasuk yang diadakan kali ini di Desa Jelatang, Kecamatan Padang Batung. Warga antusias menyambutnya.

"Selain dalam rangka menyambut Ramadhan, giat ini juga sebagai upaya Pemda mendorong stabilitas harga dengan membantu masyarakat mendapatkan berbagai kebutuhan bahan pokok dengan harga yang murah," katanya.

Sementara pandemi masih berlangsung dan kini memasuki bulan suci Ramadhan, diharapkan kegiatan ini dapat membantu dan meringankan masyarakat dalam hal kebutuhan pokok.

Baca juga: Bupati dan Forkopimda pantau harga bahan pokok

Adapun setiap kecamatan dibagikan kupon operasi pasar murah sebanyak 100 lembar dan kupon OP Gas LPG tiga kg sebanyak 280 lembar.

Kupon berfungsi agar pasar murah ini tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan. Setiap orang dapat satu kupon dan dapat membeli lima produk bahan pokok.

"Dengan harga pasar yang akan disubsidi Rp2 ribu per item barang, serta satu kupon OP gas LPG 3 kg setiap orang dapat satu tabung dengan harga Rp17,5 ribu," katanya.

Operasi Pasar murah ini, menyediakan beberapa bahan pokok, antara lain gula pasir, minyak goreng, teh, sarden, susu kaleng, sirup, kecap botol, sabun cuci piring.

Operasi pasar murah ini dilaksanakan di sembilan kecamatan, dan dua kecamatan lagi akan dilaksanakan dalam bentuk bazar. Kegiatan pasar murah kali ini menggunakan dua sistem, pertama dengan sistem kupon dan kedua bebas untuk sembako boleh membeli tanpa kupon.

“Sedangkan kupon sembako disediakan 100 kupon. Setiap kupon itu ada subsidi Rp10 ribu untuk pembelian lima item barang, dan barang selanjutnya akan dikenakan harga normal,”katanya.

Baca juga: Pemkab HSS tiadakan Pasar Ramadhan

Pemkab menyediakan sebanyak 280 tabung gas yang untuk pembelinya wajib menggunakan kupon yang sudah dibagikan ke kecamatan, yang kemudian menyerahkan ke desa yang mereka tunjuk.

Kasi Pelayanan Pemerintahan Desa Jelatang, Syamsuri, mengucapkan terimakasih kepada pemda yang sudah melakukan kegiatan pasar murah, dan ini sangat membantu bagi warganya terutama karena harganya lebih murah.

“Alhamdulillah kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat kami dari Desa Jelatang, sekali lagi kami ucapkan terimakasih, semoga kegiatan ini bisa berlanjut di tahun berikutnya,” katanya.

Untuk selanjutnya operasi pasar murah bahan pokok dan LPG 3 kg bersubsidi akan diadakan pada Kamis(7/4) di Desa Kapuh, Kecamatan Simpur.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022