Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kebutuhan manusia yang bersifat mendadak dan mendesak selalu membutuhkan cadangan dana ekstra untuk menutupinya. Namun kekurangan dan ketiadaan dana cadangan sering kali menjadi masalah. Waktu yang sangat mendesak, sehingga butuh dana cepat, misalnya untuk berobat karena sakit mendadak atau kecelakaan dan kebutuhan lainnya yang tidak terduga.

Jika Anda telah menyiapkan dana cadangan ekstra, tentu hal ini bukan masalah lagi. Tetapi jika tidak memiliki dana cadangan atau dana yang ada masih kurang, tentu saja itu menjadi masalah yang harus segera diselesaikan.

Cara yang dapat digunakan antar lain menjual salah satu benda kesayangan atau menggadaikan aset yang dimiliki untuk mendapatkan dana tunai cepat. Apabila Anda tidak memiliki aset untuk dijual atau digadaikan, dapat mencari alternatif lain melalui pinjaman tanpa jaminan yang terkenal disebut Kredit Tanpa Agunan atau KTA.

Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman, sebaiknya bandingkan dahulu suku bunga dari bank, rentenir dan cara mencari pinjaman murah melalui situs perbandingan online:

1. Bank
Produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) di Indonesia, pertama kali diperkenalkan oleh Bank Standard Chartered, namun kini hampir semua bank memiliki produk KTA dari bank BCA, , Bank Mandiri  sampai sampai Bank QNB. Besarnya pinjaman bervariasi tergantung dari kebijakan masing-masing bank, biasanya berkisar antara Rp 5 juta sampai dengan Rp 500 juta. Dengan jangka waktu yang bervariasi antar 3-5 tahun. Bunga yang dibebankan ke nasabah bersifat tetap, berkisar antara 0,99% sampai dengan 2,5% per bulan. 

2. Rentenir
Rentenir merupakan pinjaman yang dikelola perorangan, beban bunga antara 20% sampai 30% per bulan, namun besarnya bunga masih dapat dinegosiasikan tergantung kedekatan nasabah dengan rentenir. Pinjaman yang ditawarkan lebih kecil antara Rp 500 ribu sampai Rp 2 juta. Yang harus diwaspadai adalah adanya biaya administrasi selain bunga yang tinggi. Jadi jika anda meminjam Rp. 1 juta. Dalam 1 bulan anda harus membayar Rp 300 ribu. Ini adalah sangat mahal. 

3. Situs Perbandingan Online
Situs perbandingan online seperti cermati.com memberikan kemudahan dalam mengajukan pinjaman tanpa jaminan dari banyak bank dengan beberapa klik di rumah anda. 

Situs ini bukanlah bank tapi merupakan mediator dimana produk ungulan dari banyak bank bisa dibandingkan dan calon nasabah bisa memilih pinjaman yang paling tepat. Proses pengajuan juga mudah, karena sistem nya online Anda tidak perlu datang langsung ke kantor, cukup mengajukan pinjaman secara online. Kemajuan di bidang teknologi dan keuangan semakin memudahkan nasabah. 

Bandingkan dulu pinjaman dari banyak bank lewat situs perbandingan keuangan online untuk mengetahui seluruh biaya dan besaran kewajiban mengembalikan pinjaman tersebut. Cermati semua prosedur dan aturan yang berlaku agar tidak merasa rugi dikemudian hari. Semua kembali ke tangan Anda sendiri untuk menentukan pilihan.
 

Pewarta: Asmuni

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015