Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polresta Banjarmasin menggelar latihan simulasi secara gabungan dengan pihak Basarnas dan Dinas Pariwisata kota setempat di Sungai Martpura.

"Simulasi ini kami gelar sebagai bentuk kampanye keselamatan di wilayah perairan kota ini," ucap Kasat Polair Polresta Banjarmasin AKP Untung Widodo Sst di Banjarmasin, Minggu.

Ia mengatakan, simulasi itu digelar pada Minggu (6/12) pagi sekitar pukul 08.00 Wita bertempat di sungai Martapura di depan pasar terapung Jalan Piere Tandean Banjarmasin Tengah.

Simulasi yang dilakukan itu dengan cara dua orang pengunjung wisata di kota Banjarmasin, yang sedang berada di atap kelotok dan bercanda akhirnya terjatuh ke sungai.

Saat kedua pengunjung wisata pasar terapung itu terjatuh ke sungai menimbulkan kepanikan apalagi di siring Piere Tandean sedang digelar panggung Satpa Pesona.

Spontan saja MC dari acara itu panik dan pengunjung lainnya berteriak, anggota Satpolair dan Basarnas yang setiap harinya berada di lokasi itu Sungai Martapura melakukan pengamanan tempat wisata langsung menyelamatkan kedua korban yang terjatuh itu.

Usai menyelamatkan kedua korban yang terjatuh ke dalam sungai Martapura itu kemudian dibawa ke dermaga wisata guna diberikan pertolongan dan akhirnya bisa diselamatkan.

"Kegiatan simulasi itu sebagai bentuk kalau Satpolair dan Basarnas serta Dinas Pariwisata Kota Banjarmasin, siap melakukan pengawalan dan pengamanan di tempat-tempat wisata di kota ini," ujar pria yang akrab dengan awak media itu.

Untung sapaan akrab Kasat Polair itu terus mengatakan, kegiatan ini digagas oleh Satpolair Polresta dan Dinas Pariwisata kota Banjarmasin. Simulasi seperti ini akan digelar secara rutin nantinya. ***2***



(T.G007/B/H005/H005) 06-12-2015 14:22:09

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015