Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Dewan Harian Daerah Badan Pengurus Pembudayaan Kejuangan 45 (DHD 45) Provinsi Kalimantan Selatan menyatakan komitmen untuk ikut menyukseskan Pilkada serentak 9 Desember 2015.

Ketua DHD 45 Provinsi Kalimantan Selatan H Rudy Ariffin saat memimpin rapat koordinasi DHD dan DHC 45 se- Kalimantan Selatan di Hotel Rattan In, Sabtu, menyatakan, organisasi yang menjaga semangat dan nilai-nilai kejuangan 1945 ini harus bisa berperan menyukseskan Pilkada dengan damai.

"Kita semua harus bisa merekatkan kebersamaan dan kedamaian, DHD dan DHC 45 akan ikut berperan dalam menjaga Pilkada yang berjalan damai dan lancar," ujarnya.

Menurut mantan gubernur Kalsel dua priode tersebut, kesuksesan pemilihan kepala daerah sesuai keinginan bersama merupakan dambaan, sebab dengan itu, akan mempererat kebersamaan untuk membangun negara ini, khususnya Kalimantan Selatan dengan baik.

Sehingga, kata dia, perlu semangat besar dan nilai-nilai luhur bagi anak bangsa ini untuk menjaga hasil perjuangan berat para pendahulu dalam memerdekakan negera tercinta ini dari cengkraman penjajah.

"Oleh karena itu, nilai-nilai empat pilar kebangsaan akan terus pula kita ikut sosialisasikan dengan luas kemasyarakat, agar jangan sampai luntur semangat kebersamaan dalam menjaga kedaulatan negeri ini," paparnya.

Disebutkan Rudy, empat pilar kebangsaan yang memuat amanat, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Undang Undang Dasar 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), harus terus digelorakan, sebab ini penting untuk membentengi negara ini dari interpensi negara luar untuk memecah belah kesatuan.

Menurut dia, sebagai bangsa yang besar dan dibangun dengan nilai-nilai luhur, negara Indonesai menjadikan jiwa semangat dan nilai-nilai 45 sebagai basis nilai negara. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya pemeliharaan nilai dan norma itu sebagai idelogi dan pandangan hidup segenap rakyat Indonesia.

Terkait acara yang diselenggarakan pihaknya tersebut, Rudy menyatakan, sesuai temanya "Kita mantapkan konsolidasi organisasi dalam rangka melestarikan jiwa, semangat, dan nilai-nilai kejuangan 45" sebagai program kerja pada 2016 nanti.

"Konsolidasi ini kita lakukan setiap tahunnya, bertujuan evaluasi dan rencana program tahun depan, diakhir tahun ini kita manrapkan besar sama, sebab kebersamaan untuk memantapkan perjuangan sesuai cita-cita luhur para pendahulu yang membebaskan negara ini dari penjajah," ujarnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015