Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Masyarakat diharapkan dapat berperan aktif dalam program pemerintah merehabilitasi hutan dan lahan di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Harapan tersebut disampaikan Penjabat Bupati Kotabaru H Isra dalam peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) serta Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) Tahun 2015 di Kotabaru, Jumat.

"Melalui peringatan HMPI dan BMN serta HCPSN tahun 2015 marilah kita tingkatkan kesadaran tentang pentingnya peranan hutan bagi kehidupan," ujar Isra.

Dia mengemukakan hutan sangat penting sebagai pilar penyangga kehidupan, pilar pengawetan/pelestarian dan pilar pemanfaatan untuk generasi sekarang dan yang akan datang.

Isra berharap seluruh masyarakat dapat berperan aktif dalam program-program pemerintah terkait dengan rehabilitasi hutan dan lahan, salah satunya melalui gerakan penanaman dan pemeliharaan pohon.

Untuk mendukung program rehabilitasi hutan dan lahan, Pemkab Kotabaru bersama forum koordinasi pimpinan daerah, Satuan kerja perangkat daerah serta masyarakat melakukan penanaman pohon cemara laut di Pantai Gedambaan dan Sarangtiung, Pulau Laut Utara, Kotabaru.

Selain bertujuan untuk memperbaiki kondisi hutan dan lahan, penanaman pohon cemara laut tersebut juga bertujuan untuk memperbaiki kondisi bibir pantai yang tergerus oleh ombak.

Sebelumnya, Badan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Kotabaru juga melakukan penanaman pohon palem (Genus Roystoneadi) di sekitar bundaran Batu Belingkun Sebelimbingan untuk mendukung program menanam semiliar pohon.

Penanaman 100 batang pohon palem merupakan salah satu upaya dan bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap lingkungan hidup serta mengurangi pencemaran udara dengan menambah pohon.

Tujuan penanaman pohon palem itu selain untuk penghijauan di sekitar bundaran juga berfungsi sebagai tanaman hias.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015