Batulicin (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menerima kedatangan tamu dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banjar dalam rangka pengayaan materi dan pembelajaran tentang regulasi yang berkaitan dengan "Coorporate Sosial Responsibility" (CSR).


"Salah satu tujuan kunjungan ingin belajar regulasi CSR untuk diterapkan di Kabupaten Banjar sebagai upaya untuk meningkatkan dan mempercepat pembangunan di daerah kami nantinya," kata Ketua Rombongan Kunjungan kerrja Komisi 1 DPRD Kabupaten Banjar H Ruslan, di Batulicin, Rabu.

Menurut dia, banyaknya pelaku yang melakukan usahanya disuatu daerah hendaknya dapat mempercepat pembangunan disekitar masyarakat, salah satunya malalui tanggung jawab sosial atau CSR.

"Kabupaten Tanah Bumbu terdapat banyak perusahaan dan sudah terbentuk Forum Komunikasi CSR (FK CSR) untuk itu kami ingin mengetahui bagaimana pengelolaan dan regulasi apa yang dilakukan di Tanah Bumbu sehingga semua yang terjadi di Tanah Bumbu dapat kami terapkan juga di Kabupaten Banjar," katanya.

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Tanah Bumbu H Riduan menambahkan, kunjungan kerja DPRD Banjar ke Tanah Bumbu diharapkan dapat mempererat tali silaturahim diantara kedua Kabupaten.

"Sinergitas dan kerja sama diantara dua kabupaten ini diharapkan dapat terus terjalin sehingga percepatan pembangunan didaerah dapat terwujud," katanya.

Menurut dia, Kabupaten Tanah Bumbu merupakan kabupaten pemekaran yang sedang giat-giatnya melaksanakan pembangunan guna mensejajarkan dengan daerah lainnya di Kalimantan Selatan.

Tanah Bumbu sudah berusia 12 tahun untuk itu kami terus berkomitmen dan bekerja keras untuk membangun daerah agar bisa sejajar dengan daerah lainnya di Kalimantan Selatan, salah satunya dengan program pro rakyat yang diluncurkan Pemkab Tanah Bumbu untuk mempercepat pembangunan seperti Program Satu Miliar Satu Desa," katanya.

Ketua Umum FK CSR Tanah Bumbu H. Wahyuni mengatakan, Forum Komunikasi Corporate Social Responsibility (FK CSR) dibentuk pada tahun 2012 sebagai wadah bagi pelaku usaha dan pemerintah daerah untuk saling berkomunikasi.

Anggota FK CSR di Tanah Bumbu terdiri dari berbagai pelaku usaha seperti perusahan yang bergerak di bidang pertambangan, perkebunan, kepelabuhan, perbankan, kepariwisataan, perhotelan hingga pelaku usaha rumah makan.

"Selain itu, agar FK CSR dapat berjalan maksimal maka dibentuk pula Sekretariat FK CSR yang menyinergikan kegiatan pelaku usaha dalam menyalurkan program CSR-nya," katanya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015