Sebanyak 428 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan(HSS menerima Surat Keputusan (SK) Kenaikan Pangkat periode 1 April 2022, di pendopo bupati setempat.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) HSS, H. Zulkipli, di Kandangan, Senin (28/3), mengatakan ada 428 usulan naik pangkat ASN periode 1 April 2022.

"Diproses dan telah mendapat persetujuan teknis dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang terdiri dari golongan VI sebanyak 64 orang, golongan III sebanyak 279 orang, golongan II sebanyak 82 dan golongan I berjumlah tiga orang," katanya, dalam laporan.

Baca juga: Bupati HSS buka pelatihan penyusunan penilaian kinerja PNS

Bupati HSS, H. Achmad Fikry, mengatakan pangkat bukan segala-galanya yang terpenting adalah kemampuan seseorang ASN dalam melaksanakan tugas, kenaikan pangkat juga harus diiringi dengan perubahan perilaku di tempat kerja.

Dijelaskan dia, kalau pangkatnya sudah golongan VI dengan sebutan pembina, maka ia seharusnya sudah bisa membina dirinya sendiri dan membina orang lain, bisa memberikan contoh kepada yang lain bagaimana menjadi ASN yang baik.

Status sebagai seorang ASN agar selalu di syukuri karena faktanya banyak orang yang ingin menjadi ASN, terlihat dari membludaknya para pelamar setiap ada penerimaan CPNS.

“Bayangkan di tempat kita jumlah formasi yang disediakan sebanyak 400 yang mendaftar sampai 5000. Mungkin siapa tahu mereka itu lebih baik dari kita hanya saja belum diberi kesempatan, maka dari itu status kita sebagai ASN harus di syukuri dengan bekerja lebih baik lagi,” katanya.

Menurut dia, antar ASN baik golongan I sampai golongan VI agar saling berkolaborasi, laksanakan tugas sesuai peran masing-masing jangan saling merendahkan tetapi dengan semangat yang sama untuk bekerja dengan baik.

Baca juga: Bupati HSS serahkan SK dan tali asih ASN purna tugas

Potensi ASN di HSS sangat tinggi maka dari itu agar dikokohkan ASN dengan tema BerAKHLAK yakni Berorientasi Pelayanan Akuntabel Kompeten Humanis Loyal Adaftif Kolaboratif.

Dan kepada 428 ASN yang naik pangkat supaya bisa menjadi contoh bagi ASN yang lain, jangan sampai ada keraguan dari orang lain akan kemampuan pangkat, jadi pihaknya berharap penyerahan SK hari ini tidak hanya seremonial belaka tetapi ada makna yang terdepan.

"Kami juga berpesan agar ASN bisa menjadi pelopor, memberikan edukasi dan mengajak masyarakat untuk segera ikut vaksinasi. Mudah-mudahan 428 ASN yang naik pangkat ini segera bisa berkontribusi untuk peningkatan capaian vaksinasi di Kabupaten HSS,” katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022