Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Kepolisian Resor Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, melalui satuan Sabhara membagikan air bersih kepada sebagian warga Kecamatan Karang Bintang secara gratis.


"Dalam pembagian air bersih akan bergilir keseluruh desa yang berada di kecamatan Karang Bintang dan berkelanjutan sampai musim penghujan datang," kata Kepala Satuan Sabhara Polres Tanah Bumbu AKP Ibnu Yulianto, di Batulicin.

Ia mengatakan, pihak kepolisian yang membegikan air bersih akan terfokus di Kecamatan Karang Bintang yang mana kecamatan tersebut masih krisis air bersih dampak musim kemarau.

"Dalam satu hari membagikan air bersih kepada sebagian warga Karang Bintang mencapai 4.000 sampai 10.000 liter perhari," katannya.

Bagi warga yang menginginkan air cukup dengan menyediakan drum yang diletakkan di depan rumah, sehingga saat petugas datang tinggal mengisi drum kosong yang sudah disediakan warga.

Sementara itu Kepala Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupten Tanah Bumbu Sobari melalui Kepala Teknisi Adriansya mengatakan, Krisis air bersih akibat dampk musim kemarau juga dirasakan oleh pelanggannya yang berada di Kecamatan Simpang Empat.

"Instalasi Pengolah Air (IPA) yalur kodeco menghubungkan sebagian pelanggan yang berada di Kecamatan Simpang Empat akan direlokasi ke IPA jalur sarigadung," katanya.

Dilakukannya relokasi tersebut karena waduk kodeco yang bersifat tadah hujan mengalami pengeringan disaat musim kemarau, sehingga debit air yang digunakan tidak mencukupi sampai datangnya musim peghujan.

"untuk menyuplai pelanggan yang mengalami perbaikan pihak PDAM sudah menyiapkan dua unit mobil tangki dengan ukuran 5.000 liter yang akan membagikan air bersih kepada warga dan pelanggan selama perbaikan instalasi rampung," katanya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015