Tanjung,  (AntaranewsKalsel) - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tabalong Erwan mengatakan kabupaten paling utara di Kalimantan Selatan menjadi daerah percontohan untuk pengembangan Kawasan Strategis Kabupaten (KSK) 2016 karena dianggap berhasil meningkatkan ekonomi lokal.


"Kabupaten Tabalong juga mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat atas keberhasilannya melaksanakan PNPM PISEW untuk program KSKnya pada tahun ini dan satu-satunya kabupaten di Kalsel yang menjadi daerah percontohan KSK 2016," kata Erwan di Tanjung, Minggu.

Atas keberhasilan pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PNPM PISEW) untuk Kawasan Strategis Kabupaten (KSK), Bupati Tabalong Anang Syakhfiani diundang menjadi narasumber pada dialog serta pameran yang dilaksanakan Dirjen Cipta Karya pada 30 Desember 2015.

Erwan menambahkan penilaian keberhasilan dari PNPM PISEW KSK di Tabalong selain dilihat dari kinerja tim dan SDM yang baik sejak 2007 hingga sekarang termasuk adanya peningkatan yang signifikan dari potensi ekonomi lokal.

"Ada tiga kecamatan yang menjadi Kawasan Strategis Kabupaten di Tabalong yakni Kecamatan Jaro, Muara Uya dan Haruai dengan potensi unggulan ternak sapi dan kebun karet," kata Erwan.

Melalui KSK ini diharapkan bisa mengaktifkan kegiatan ekonomi lokal dalam rangka pengentasan kemiskinan, mengurangi pengangguran dan memacu pengembangan wilayah.

Pelaksanaan PNPM PISEW KSK telah mendapat dukungan DPRD Tabalong yang dituangkan dalam Berita Acara Forum Konsultasi I tentang kesepakatan atas Memorandum Program Koordinatif (MPK) tahun anggaran 2016.

Berita Acara Kesepakatan tersebut ditandatangai Kepala Bappeda selaku Ketua tim Koordinasi Pisew Kabupaten

Erwan, Ketua Tim Sekretariat PISEW Asli Yakin, Ketua Komisi III DPRD Mahyuni dan Sekda Tabalong Abdul Muthalib Sangaji.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015