Kotabaru,  (Antaranews Kalsel) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, memprioritaskan daerah kepulauan dalam pendistribusian logistik pemilihan kepala daerah.

"Daerah kepulauan yang kita prioritaskan untuk mendapatkan logistik Pilkada lebih dulu seperti, Kecamatan Pulau Sembilan," kata Grace Y Lengkey, Divisi Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotabaru, di Kotabaru, Jumat.

Untuk mendistribusikan logistik ke daerah kepulauan itu, KPU menggunakan jasa kapal perintis KM Delta Sembada, yang dimulai pada Kamis (26/11).

Barang logistik yang mulai didistribusikan, seperti, surat suara untuk gubernur, wakil gubernur, dan bupati, wakil bupati, 34 kota suara, tinta, sampul dan yang lainnya untuk 17 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Sedangkan jadwal pendistribusian logistik Pilkada pada hari kedua Jumat (27/11) meliputi, Pamukan Utara dengan menggunakan jalur darat dan laut. Dan barang yang yang didistrsibusikan 104 kotak suara yang berisi surat suara dan barang logistik lainnya untuk 52 TPS.

Kelumpang Utara, sebanyak 34 kotak suara bersama isinya, untuk 17 TPS, dan Kelumpang Tengah sebanyak 66 kotak suara bersama isinya untuk 33 TPS.

Hari ketiga distribusi pada Sabtu (28/11) diarahkan Sungai Durian sebanyak 56 kotak suara untuk 28 TPS, Pamukan Barat sebanyak 42 kotak suara untuk 21 TPS, Hampang sebanyak 54 kotak suara untuk 27 TPS dan Pulau Sebuku sebanyak 46 kotak suara untuk 23 TPS.

Sedangkan pada hari keempat yakni Minggu (29/11), distribusi diarahkan ke Kelumpang Barat sebanyak 36 kotak suara untuk 18 TPS, dan Pulaulaut Kepulauan sebanyak 62 kotak suara untuk 31 TPS.

Hari ke lima pada Senin (30/11) distribusi diarahkan ke Pamukan Selatan sebanyak 78 kotak suara untuk 39 TPS, Sampanahan sebanyak 54 kotak suara untuk 27 TPS, dan Kelumpang Selatan sebanyak 64 kotak suara untuk 32 TPS.

Selanjutnya hari ke tujuh pada Selasa (1/12) distribusi diarahkan ke Kelumpang Hulu sebanyak 82 kotak suara untuk 41 TPS, Pulaulau Tanjung Selayar sebanyak 50 kotak suara untuk 25 TPS, dan Pulaulaut Barat sebanyak 50 kotak suara untuk 25 TPS.

Distrisbusi hari ke delapan pada Rabu (2/12) diarahkan ke Kelumpang Hilir sebanyak 120 kotak suara untuk 60 TPS, Pulaulaut Tengah sebanyak 60 kotak suara untuk 30 TPS, dan Pulaulaut Timur sebanyak 80 kotak suara untuk 40 TPS.

Terakhir, distribusi ke sembilan pada Jumat (4/12) khusus untuk Pulaulaut Utara.

Sementara itu, Pulau Sembilan yang berada di kawasan Laut Jawa itu lebih dekat berhubungan dengan Pulau Madura, Jawa Timur, daripada ke Kotabaru, Ibu Kota Kabupaten Kotabaru.

Untuk mengangkut logistik Pilkada dari Kotabaru ke Pulau Sembilan satu-satunya harus menggunakan jalur laut, dan apabila ombak besar maka tak ada satupun armada pelayaran rakyat yang berani mengarungi laut ke wilayah tersebut.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015