Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Festival Olahraga Masyarakat Daerah (Forda) tahun 2022 dijadwalkan pada 24--29 Maret ini.

Pelaksanaan Forda dipusatkan pada 2 tempat, di Kiram Park di Kabupaten Banjar dan di Kota Banjarmasin, demikian kata Ketua Panitia Forda 2022 KORMI Kalsel Rizal Akbar saat jumpa pers di Banjarmasin, Minggu.

Menurut dia, peserta yang mengikuti Forda 2022 ini dari 13 Kabupaten/kota se-Kalsel. 

Dengan perkiraan sebanyak 1.600 peserta yang akan berpartisipasi, ujar Rizal.

Dikatakan dia, ada sebanyak 44 induk organisasi olahraga (Inorga) di bawah naungan KORMI Kalsel saat ini.

Semuanya, tutur dia, akan dipertandingkan untuk seleksi atlet ke ajang Festival Olahraga Masyarakat Nasional (Fornas) ke-6 di Palembang, Sumatera Selatan pada 2022.

Adapun olahraga masyarakat yang dipertandingkan adalah enggrang, hadang, tarik tambang, terompah panjang, layang-layang, ketapel, barongsai, silat budaya, airsoftgun,  
bagasing, lari balok, street work out, skate board.

Selanjutnya, betarikan jukung, panahan, sumpit, benjang, tonnis, airsoft porgasi, iespa, inline skate, senam kreasi ioski, senam jantung sehat, senam osteoporosis, senam asma, senam tera dan dansa iodi.

"Jadwal pembukaan Forda ini secara resmi pada 26 Maret di Kiram Park, berbagai atraksi akan meramaikannya," ujar Rizal.

Sementara itu, Sekretaris KORMI Kalsel H Akhmad Maulana menyatakan, jumlah peserta cukup besar itu jangan dibayangkan akan numpuk demikian, karena tempat pertandingan ada di Kiram Park dan Kota Banjarmasin.

"Karena masih pandemi COVID-19, kita pastikan akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," ujarnya.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022