Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) Mardani H Maming menginginkan wirausaha muda dapat menyokong sektor pertanian agar lebih maju.

"Pengusaha muda harus ambil peran di sektor strategis ini. Saatnya petani milenial lebih banyak terjun memajukan pertanian Indonesia," kata Mardani kepada ANTARA, Selasa.

Dia pun mengapresiasi program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) dari Kementerian Pertanian yang berupaya mencetak wirausaha milenial tangguh di sektor pertanian.

Apalagi mencetak 2,5 juta petani milenial baru menggantikan petani yang kini didominasi usia lanjut jadi cita-cita dari program YESS yang dimulai sejak 2019 dan berakhir 2025 mendatang.

"Hipmi siap berkolaborasi jika dibutuhkan, mari kita sama-sama mewujudkan ketahanan pangan yang kuat dan Indonesia harus bisa swasembada pangan," ujar Mardani.
 
PT Enam Sembilan Benih meluncurkan produk inovasi bibit unggul jagung hibrida. (ANTARA/Firman)


Pemilik Enam Sembilan Grup inipun terus menunjukkan komitmennya dalam pembangunan sektor pertanian. Salah satunya melalui PT Enam Sembilan Benih yang baru saja meluncurkan sebuah produk inovasi bibit unggul jagung hibrida dengan nama "JAB69-01 SAKTI" untuk ikut ambil bagian memajukan produksi hasil panen jagung petani Indonesia.

Bekerja sama dengan PT Daun Agro Nusantara dalam demo plot dan distribusi benih jagung ke beberapa provinsi, salah satunya Sumatera Utara yang merupakan lumbung jagung terbesar keempat setelah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Lampung.

"Saat ini kita lakukan uji adaptasi varietas di 15 kabupaten di Sumatera Utara. Mudah-mudahan hasilnya bagus dan petani optimis karena jagung hibrida yang dikembangkan merupakan hasil persilangan 2 atau lebih varietas memiliki sifat unggul," kata mantan Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan itu.

 

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022