Wakil Bupati (Wabup) Tanah Laut Abdi Rahman menggelar Rapat Koordinasi Penanganan Banjir bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, para camat dan para kepala desa di Ruang Kerja Wakil Bupati, Kamis (10/3).

Dalam rapat tersebut wakil bupati meminta,  pemaparan dari jajaran OPD terkait dan dilanjutkan dengan penyampaian kondisi terjadi di lapangan oleh masing-masing kepala desa di wilayah terdampak banjir beberapa hari lalu. 

Setelah mendengarkan aspirasi para kepala desa, wakil bupati menyampaikan,   Pemkab Tanah Laut terus berusaha mencari solusi agar bencana banjir tidak terjadi lagi.

“Hari ini kita rapat koordinasi untuk membaca perencanaan daerah tepat sasaran melalui berbagai penyesuaian dan investigasi yang benar, sehingga kita melakukan tindak lanjut terhadap permasalahan ini sesuai dengan perencanaan matang dan dapat menyelesaikan masalah,”tegas Abdi Rahman.

Abdi Rahman juga menyampaikan,  penanganan banjir dilakukan melalui dua perencanaan jangka pendek dan jangka panjang. 

Dia juga menegaskan,  Pemkab Tanah Laut dan jajaran terus melakukan analisa untuk penanganan banjir terkoordinir dan berkelanjutan.

“Penanganan masalah banjir kita bagi dua, jangka pendek dan jangka panjang. Untuk penanganan jangka pendek kita akan melihat dulu apa yang menjadi masalah, apakah itu di alur sungai atau di muara sungai. Apabila masalahnya ada di hilir sungai, maka itu yang akan kita kerjakan. Adapun untuk jangka panjang kita tetap  mengkaji untuk melakukan normalisasi sungai,” lanjut Abdi Rahman.

Turut hadir pada rapat tersebut Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Tanah Laut, Kepala Bappeda Tanah Laut, Kepala Dinas PUPRP Tanah Laut, Kalak BPBD Tanah Laut, Camat Takisung, Camat Pelaihari dan para kepala desa. 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022