Kemeriahan secara sederhana di gelar Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-42 tahun 2022.

Pada peringatan yang digelar di Rumah Anno 1925 di Siring Sungai Martapura di Jalan Piare Tendean, Banjarmasin Tengah, Jumat, digelar Dekra Show dengan mengangkat kain Sasirangan, kain batik khas Kalimantan Selatan.

Dekra Show merupakan mini fashion show atau peragaan busana yang menampilkan karya kreatif dari beberapa desainer muda yang merancang pakaian dengan bahan dasar kain Sasirangan.

Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah berharap, kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk melahirkan para pengrajin muda Kota Banjarmasin yang kreatif dan inovatif. 

"Mudah-mudahan dari Dekra Show ini kita akan memantik munculnya para pengrajin baru, para desainer baru, darah muda yang punya karya kreatif dan inovatif yang semakin mempercantik wajah Kota Banjarmasin," ucapnya.

Selain itu, Dekranasda Kota Banjarmasin juga menggelar Dekra Live Sale yang secara rutin akan dilaksanakan setiap minggunya, dengan tujuan untuk mempromosikan produk-produk kerajinan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Banjarmasin.

Tak hanya itu, momentum HUT Dekranas juga dimanfaatkan Dekranasda Kota Banjarmasin untuk kembali membuka Showroom Dekranasda dengan identitas baru, yaitu, Dekra Store yang di dalamnya terdapat berbagai produk kerajinan untuk diperjualbelikan, mulai dari souvenir, produk kerajinan berbahan dasar Sasirangan, hingga kerajinan tangan lainnya.

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina berharap, dengan dibukanya kembali dekra store tersebut bisa memulihkan perekonomian Kota Banjarmasin.

"Ini adalah momentum yang sangat penting, reopening dekra store sebagai sebagai sebuah upaya dari Dekranasda Kota Banjarmasin untuk membangkitkan kembali kondisi ekonomi Kalimantan Selatan, Kota Banjarmasin khususnya, dengan menggandeng para pelaku UMKM khususnya para pengrajin," ujarnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022