Melatih dan mengajarkan Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada siswa siswi MAN 3 Kandangan oleh Babinsa Koramil 1003-07/Daha Utara Serka Kastra Jaya bertujuan menumbuhkan sikap jasmani tangguh dan tangkas.

Juga menumbuhkan rasa persatuan dengan rekan, sikap disiplin sehingga senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas di atas kepentingan individu dan secara tidak langsung, akan tertanam rasa tanggung jawab pada siswa selain itu sekaligus menanamkan jiwa rasa cinta tanah air yang berjiwa nasionalisme.

"Kegiatan ini merupakan sudah salah satu tugas untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme cinta tanah air kepada anak-anak sekolah, yang akan menjadi calon calon pemimpin penerus perjuangan dan membangun serta menjaga bangsa yang kita cintai," kata Serka Kastra Jaya, Sabtu (5/3) kemarin.

Baca juga: Tim vaksinasi Kodim 1003 HSS sambangi Desa Mawangi

Dijelaskan dia,di era modern saat ini pula semua lapisan masyarakat, terutama di kalangan pelajar banyak disuguhi pengetahuan baru melalui tayangan tayangan yang bersumber dari budaya asing.

Seperti gaya hidup dan adat istiadat yang tidak sesuai dengan karakter bangsa Indonesia yang penuh dengan Bhinneka Tunggal Ika, hal inilah yang membuat salah satu faktor bisa mengikis rasa nasionalisme dan kecintaan masyarakat terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Motivasi kepada siswa siswi agar terus semangat dalam menuntut ilmu di sekolah MAN 3 Kandangan, meskipun masih suasana Pandemi COVID-19 yang mengharuskan untuk belajar melalui online.

Baca juga: Dandim buka Sekolah Vertical Rescue angkatan 182

"Dengan harapan lulusan sekolah ini akan bisa melahirkan calon pemimpin yang baik, dan cinta tanah air untuk penerus bangsa Indonesia," katanya, di halaman MAN 3 Kandangan, di Desa Tambak Bitin, Daha Utara.

Tampak para peserta penuh semangat dan antusias yang baik siswa siswi menerima materi materi PBB yang di berikan, ini merupakan pemandangan sangat baik, di mana anggota TNI ada di tengah-tengah anak-anak sekolah menunjukan kepedulian terhadap pendidikan yang ada di negara ini.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022