Kepolisian Resort (Polres) Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan apel gelar pasukan operasi kepolisian kewilayahan keselamatan intan tahun 2022, di halaman Mapolres HSS.

Apel dihadiri Bupati HSS, H. Achmad Fikry, Dandim 1003 HSS, Letnan Kolonel Inf Nurliwedie Nurdin Kanan, Satpol PP dan Damkar Kab. HSS, Sekretaris Dinas Perhubungan HSS, Sekretaris Dinas Kesehatan HSS dan Perwakilan Jasa Raharja Kandangan.

"Kegiatan ini merupakan tanda dimulainya Operasi Kepolisian Kewilayahan Keselamatan Intan tahun 2022, yang dilaksanakan selama 14 hari dimulai dari Selasa(1/3) sampai dengan 14 Maret 2022," kata Kapolres HSS, AKBP Sugeng Priyanto membacakan sambutan Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto, di Kandangan, Selasa (1/3).

Dijelaskan dia, pemerintah pusat maupun daerah telah mengambil berbagai langkah strategis mulai dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Baca juga: Bupati HSS motivasi anak-anak SIT QA divaksin lanjutan

Juga  melaksanakan 3T (Tracking, Testing dan Treatment), vaksinasi COVID-19, hingga larangan mudik saat hari raya Idul Fitri sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Dan sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan 1443 Hijiriah, di mana umat Islam di indonesia akan menyambut momen bulan Ramadhan ini dengan penuh suka cita, melalui peningkatkan intensitas kegiatan keagamaan, pesantren kilat, pengajian dan sholat tarawih di mesjid-mesjid yang tentunya menimbulkan terjadinya kerumunan.

"Pada tahun 2021 yang lalu pemerintah telah memberlakukan larangan mudik lebaran sebagai bentuk upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19, dan pada tahun ini pemerintah memberlakukan kembali larangan mudik lebaran dikarenakan penyebaran COVID-19 di Indonesia yang terus meningkat," katanya.

Menurut dia, guna mengantisipasi hal tersebut, Polda Kalsel beserta seluruh jajarannya melaksanakan operasi kepolisian kewilayahan keselamatan Intan 2022, yang dilaksanakan selama 14 hari dimulai hari ini sampai dengan 14 Maret 2022.

Baca juga: Bupati HSS : Hibah pembinaan bintara remaja akan terus berlanjut

Pihaknya berharap melalui pelaksanaan operasi ini, dapat tercipta keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran berlalu lintas sebagai upaya menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak melaksanakan mudik pada tahun 2022 ini, guna menekan penyebaran dan meminimalisir bertambahnya korban akibat COVID-19.

"Sehubungan sebentar lagi memasuki bulan Ramadhan, Kapolda Kalsel beserta staf dan jajaran mengucapkan seiamat menjalankan ibadah puasa bagi yang melaksanakan," katanya.

Adapun apel mengangkat tema “Melalui Operasi Keselamatan 2022 Kita Wujudkan Budaya Tertib Berlalu Lintas Guna Terciptanya Sitkamseltibcarlantas, yang Kondusif serta dalam upaya memutus rantai penyebaran COVID19”.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022