Anggota DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Yani Helmi atau yang akrab dengan sapaan Paman Yani berharap kerukunan antarumat beragama di provinsinya tetap terjaga dengan baik.

Harapan itu sesudah melaksanakan reses selama delapan hari di daerah pemilihan (Dapil)-nya Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), 13 - 20 Februari 2022.

Laki-laki kelahiran Banjarmasin Tahun 1975 itu mengaku terkesan ketika reses di Desa Maju Sejahtera (sekitar 250 kilometer tenggara Banjarmasin), Kecamatan Karang Bintang, Tanbu yang mayoritas penduduknya beragama Hindu.

"Saya bangga dengan penduduk yang tinggal di Desa Maju Sejahtera yang mayoritas beragama Hindu. Mereka menanamkan rasa kekeluargaan, bahkan, sangat menjunjung tinggi toleransi terhadap agam lain di sekitarnya," Wakil Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kalsel tersebut.

"Inilah yang harus kita contoh bersatu kita pasti kuat. Kebudayaan di Kalsel tak hanya menggambarkan hal-hal lainnya, melainkan keunikan menjunjung tinggi toleransi antara agama terlihat disana," ungkapnya.
Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Yani Helmi saat reses di Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu, 13 - 20 Februari 2022. (Istimewa)

Dalam reses, rombongan wakil rakyat yang berpenampilan atletis itu juga telah melaksanakan swab antigen massal sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat.

Hal lain yang mengesankan dan unik, ketika rombongannya mau ke tempat reses, di perjalanan ada orang pengantinan dan memita diri memberi sambutan serta berfoto bersama pengantin.

Pada kesempatan reses juga berkenan bersilaturahmi dan sekaligus minta petuah dengan salah seorang habaib, Sayyid Reza Faisal Al Badud, di Kecamatan Pulau Laut Sigam (sekitar 300 kilometer tenggara Banjarmasin), Kotabaru.

"Banyak petuah habaib antara lain agar tetap amanah melaksanakan tugas sebagai anggota Dewan," kutip anggota Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kalsel tersebut.

"Perjalanan reses memang melelahkan karena masuk hutan dan lewat perkebunan kelapa sawit. Tetapi kelelahan itu terobati ketika warga masyarakat menerima dengan antusias," demikian Paman Yani.

Dalam reses selama delapan hari Paman Yani berhasil menuntaskan 16 titik sesuai ketentuan tersebar di "Bumi Sa-ijaan" Kotabaru dan "Bumi Bersujud" Tanbu.
Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Yani Helmi saat reses di Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu, 13 - 20 Februari 2022. (Istimewa)

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022