Kotabaru,(AntaranewsKalsel) - Industri semen Merk Tiga Roda PT Indocement Tunggal Prakarsa Tarjun Tbk, menggelar pelatihan otomotif bagi masyarakat di desa binaanya di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, agar dapat meningkatkan perekonomian keluarga.


SSECSR Dept Head Indocement Tarjun Teguh Iman Basoeki, di Kotabaru, Senin mengatakan, melalui pilar pendidikan dan pilar pembangunan ekonomi perusahaan menggelar pelatihan otomotif roda dua, bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat pedesaan sekitar operasional perusahaan, khususnya usaha mikro termasuk bengkel motor roda dua.

"Selain itu bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pemuda yang berada di desa-desa binaan Indocement. Dan dengan pelatihan ini dapat menciptakan lapangan kerja baru di desa-desa.

Dikatakan, pelatihan perbengkelan kendaraan roda dua tersebut diikuti masyarakat Desa Tarjun, Langadai, Serongga, Tegalrejo, Pulau Panci, Simpang Tiga, Sidomulyo, Sungai Kupang dan Cantung Kiri Hilir serta Sungai Dua.

Agar pelatihan tersebut benar-benar bermanfaat dan menimbulkan nilai tambah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa binaannya, Indocement mengharapkan peran aparat desa dalam melakukan evaluasi dan memantau di lapangan.

Instruktur pelatihan Heriyadi mengemukakan, materi yang diberikan kepada peserta seperti halnya teknik dasar kendaraan bermotor roda dua, konvensional dan injection.

"Dengan pelatihan perbengkelan ini tentu menjadi harapan bersama, setelah pulang ke desanya masing-masing peserta nantinya diharapkan dapat membuka peluang usaha dengan membuka bengkel kendaraan roda dua," ujarnya.

Seorang peserta dari Desa Langadai M Iqbal Hamdani Alwy menuturkan, dirinya berterimakasih kepada Indocement karena sudah menyelenggarakan pelatihan tersebut. "Sebelum ada pelatihan, masyarakat di kampung saya kalau hendak memperbaiki kendaraan mereka harus ke desa lain, karena tidak ada satupun bengkel," ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan peserta dari Desa Sidomulyo Said Ali, bahwa pelatihan ini juga menjadi modal usaha dalam meniningkatkan pendapatannya.

Kepala Desa Langadai Kecamatan Kelumpang Hilir, Eddy Marhadi menyambut baik kegiatan ini dan mewakili desa-desa binaan lainnya, ia ucapkan terima kasih atas inisiatif tim CSR Indocement menggelar pelatihan bengkel motor roda dua dan semoga menambah lapangan kerja serta mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan.

"Pelatihan ini akan memberikan manfaat dan dampak positif kepada seluruh peserta, dan sekali lagi terima kasih kepada perusahaan semen tiga roda atas inisiatif dan sumbangsihnya dalam rangka peningkatan SDM warga pedesaan,� paparnya.

Camat Kelumpang Hilir melalui Kasi Tata Pemerintahan Umarul Faruk menyatakan, usaha perbengkelan sangat banyak peminatnya, dan prosfeknya ke depan begitu menjanjikan karena dalam setiap tahunnya pengguna sepeda motor terus bertambah.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015