Masyarakat Kalimantan Selatan termasuk di Kabupaten Hulu Sungai Utara semarak melaksanakan  Peringatan Isra Mi'raj yang dirangkai Haul Kiyai Muhammad Zaini Abdul Gani atau Guru Sekumpul.

Kurang lebih selama satu bulan terakhir khususnya di tepi-tepi ruas jalan di Kota Amuntai ramai di hiasi umbul lampu hias  yang terlihat semarak pada malam hari. 

"Peringatan Haul Guru Sekumpul ke -17 makin hikmat karena bertepatan dengan Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW," kata Hj Rahmiati tokoh wanita di Desa Kota Raja di Amuntai, Minggu (20/2).
 
Group Habsy wanita melantunkan syair Sholawat pada Peringatan Isra Mi'raj dan Haul ke 17 Almarhum Guru Sekumpul di Langgar Nurul Ihsan Desa Kota Raja Amuntai, Ahad (20/2/22). (ANTARA/Eddy A)

Warga Desa Kota Raja Amuntai, kata Rahmi, juga menghiasi lingkungan mereka dengan lampu hias dan memperingati Isra Mi'raj dan Haul Guru Sekumpul di Langgar Nurul Ihsan.

"Tidak terkecuali ibu-ibu pengurus langgar dan pengajian Nurul Ihsan gembira dan antusias memperingati memperingati Haul Guru Sekumpul sekaligus Peringatan Isra Mi'raj," katanya 

Rahmiati mengatakan, warga bergotong-royong menyumbang dana, tenaga dan pikiran untuk melaksanakan peringatan. Sejak pagi hari, kaum laki-laki dan perempuan sudah menyiapkan makanan, snack dan buah-buahan untuk perayaan yang dilaksanakan di Langgar Nurul Ihsan mengundang penceramah KH Abdul Hamid dari Desa Palimbangan.
 
Panitia Hj Rahmiati menyampaikan arahan pada Peringatan Isra Mi'raj dan Haul ke 17 Almarhum Guru Sekumpul di Langgar Nurul Ihsan Desa Kota Raja Amuntai, Ahad (20/2/22). (ANTARA/Eddy A)

Sebelumnya pada Jum'at (18/2) juga dilaksanakan Peringatan Isra Mi'raj dan Haul Guru Sekumpul di TPA Al Karomah Desa Kota Raja oleh Majelis Ta'lim An Noor diisi tausiyah  Hj Noor Rasyidah Mabhani.

Peringatan diisi dengan Pembacaan Sudah Yasin, lantunan Habsy, pembacaan tahlil, do'a dan sebagainya. Kaum wanita di Desa Kota Raja rela mengabaikan waktu istirahat sehabis Sholat Dzuhur, bergegas menuju Langgar Nurul Ihsan, untuk menghadiri acara.

KH Abdul Hamid melalui tausiyahnya mengajak Kaum Muslimin meningkatkan amal ibadah, menegakan Sholat Fardhu lima waktu berjama'ah di mesjid, memperbanyak membaca Sholawat dan dzikir.
 
Ulama asal Palimbangan KH Abdul Hamid menyampaikan tausiyah pada Peringatan Isra Mi'raj dan Haul ke 17 Almarhum Guru Sekumpul di Langgar Nurul Ihsan Desa Kota Raja Amuntai, Ahad (20/2/22). (ANTARA/Eddy A)

"Cintai dunia sekedarnya saja, tingkatkan amal ibadah," katanya.

Ia juga menyampaikan beberapa pesan Almarhum Guru Sekumpul diantara agar selalu kecanduan membaca Sholawat karena sangat banyak manfaatnya, terutama mendapat Syafa'at di Akherat.
VIDEO BERITA TERKAIT :  

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022