Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan melakukan tes wawancara 152 calon mahasiswa yang memiliki prestasi diberbagai bidang, dari olahraga, seni, sains hingga thafidz Al-Quran.

"Mereka dari siswa dan siswi yang menjadi calon mahasiswa kampus kami masuk lewat jalur prestasi pada tahun ini," ujar Direktur III bidang Kemahasiswaan Poliban Kalsel, Nurhidayati di Banjarmasin, Sabtu.

Menurut dia, jalur prestasi masuk Poliban dibuka pendaftaran pada 3--28 Januari, terhimpun sebanyak 152 siswa dari sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK) dan Madrasyah Aliyah (MA) dari berbagai daerah.

"Tes wawancara dilaksanakan pada 16 Februari tadi, saya yang langsung yang memimpin tim seleksi wawancara dibantu para dosen," ujarnya.

Hasil seleksi calon mahasiswa yang memiliki prestasi tersebut diumumkan pada 21 Februari 2022 di website Poliban, yakni, www.poliban.ac.id.

Sebagaimana disampaikan Nurhidayat sebelumnya, masuk jalur prestasi di kampus Poliban harus memenuhi syarat demikian, yakni, di tingkat nasional minimal meraih prestasi dapat juara harapan dua.

Kemudian di tingkat regional minimal juara tiga, jika di tingkat provinsi minimal juara dua dan jika di tingkat kabupaten/kota harus juara satu.

Untuk jalur prestasi ini, Poliban menyiapkan kuota 10 persen dari mahasiswa yang diterima pada tahun akademik 2022/2023 tersebut, yakni, sebanyak 1.560 mahasiswa baru.

Masuk jalur prestasi di Poliban bagi lulusan SMK/SMA/MA sederajat tanpa melalui tes seleksi tertulis.

"Bisa masuk pada seluruh program studi yang diminati. Jadi mari bergabung dengan Poliban untuk yang terbaik,  bersama pendidikan tinggi vokasi mengukir prestasi anak bangsa, PASTI BISA!!!," ujarnya.

Poliban sudah punya 19 Prodi, 13 Prodi D3 dan 6 Prodi Sarjana Terapan (D4) pada lima jurusan.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022