Tanjung,  (Antaranews Kalsel) - Realisasi penyaluran Beras Keluarga Miskin (Raskin) di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mencapai 1.252 ton atau 69 persen dari total pagu per tahun sebanyak 1.809 ton.


Menurut Kabid Rehabilitasi dan Bantuan Sosial Kusnandar di Tanjung, Senin, permintaan beras bagi keluarga miksin terbanyak di Kecamatan Banua Lawas mencapai 346.800 kilogeram dari jatah 416.160 kilogeram.

"Tahun ini seluruh kecamatan mengambil jatah raskin dengan realisasi mencapai 69 persen atau 1.252 ton dan kita harapkan sampai akhirn tahun serapan raskin bisa 100 persen," jelas Kusnandar.

Dari rekap permintaan raskin tercatat dua kecamatan yang baru mengambil hingga Oktober 2015 yakni Banua Lawas dan Muara Uya sedangkan Kecamatan Tanjung hanya sampai Mei 2015.

Raskin yang diberikan bagi keluarga tidak mampu ini dijual dengan harga Rp1.800 per kilogeram dan disalurkan ke seluruh desa melalui kantor kecamatan dengan dana operasional kecamatan.

Sesuai dengan penetapan dari Pemerintah Provinsi Kalsel rumah tangga sasaran penerima manfaat raskin di Kabupaten Tabalong tahun ini sebanyak 10.050 Kepala Keluarga (KK).

Selain raskin, Kabupaten paling utara Provinsi Kalsel ini juga memberikan beras gratis bagi keluarga sangat miskin deng jatah 15 kilogeram

per bulan bagi keluarga dengan kategori sangat miskin.

Dengan jumlah sasaran beras gratis sebanyak 3.277 RTS PM dan untuk program beras gratis Pemkab Tabalong bekerja dengan Bulog Barabai sudah menyiapkan beras sebanyak 589.860 kilogram.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015