Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanah Laut H Dahnial Kifli mengharapkan melalui Aruh Sastra Kalimantan Selatan (Kalsel) XIX  2022 dapat menambah semangat baru dan motivasi para pelaku seni di Kabupaten Tanah Laut untuk menampilkan karya-karya terbaik mereka.

“Dengan adanya peluncuran logo ini harapannya bisa membawa semangat baru bagi dunia kesenian di Kabupaten Tanah Laut,” ujarnya, pada malam peluncuran Logo Aruh Sastra Kalimantan Selatan (Kalsel) XIX Tanah Laut Tahun 2022, di Ruang Terbuka Publik (RTP) Pasar Lawas Pelaihari,  Sabtu (5/2) malam. 

H Dahnial Kifli menginginkan selaku tuan rumah, Kabupaten Tanah Laut harus bisa menampilkan kesenian-kesenian terbaik khas Bumi Tuntung Pandang.

“Selaku tuan rumah kita ingin pelaku seni di daerah ini tampil dan unjuk gigi langsung pada perhelatan akbar aruh sastra nanti. Jangan lupa tampilkan kesenian-kesenian daerah khas Bumi Tuntung Pandang,”pintanya.

Rancangan logo Aruh Sastra Kalsel XIX Tanah Laut  2022 oleh Pengurus Dewan Kesenian Tanah Laut mendapat apresiasi dari Sekda Kabupaten Tanah Laut. 

"Dengan menggabungkan unsur tanduk kijang, pena, dua kertas tergulung dan ombak menggambarkan nilai dan identitas khas daerah kita Kabupaten Tanah Laut,"paparnya.

Peluncuran ditandai dengan penyiraman tinta pada kanvas yang kemudian memunculkan gambar logo Aruh Sastra Kalsel XIX Tanah Laut 2022.

Pada kesempatan tersebut juga diputarkan film dokumenter banjir dan tanah langsor menimpa Kabupaten Tanah Laut Tahun 2021 silam.

Selain itu,  penampilan berbagai macam kesenian mulai dari tari-tarian, pembacaan puisi dan bajajapinan.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022