Bupati Tanah Laut HM Sukamta menyatakan, Ruang Terbuka Publik (RTP) Pasar Lawas Pelaihari dapat digunakan oleh seluruh masyarakat sebagai sarana rekreasi dan wisata kuliner. 

“Hari ini kita resmikan RTP Pasar Lawas sebagai langkah melakukan penataan kota, insyaallah ini bisa menambah keindahan Kota Pelaihari dan menjadi pusat kuliner kita,"ujar Bupati Tanah Laut HM Sukamta, saat meresmikan RTP Pasar Lawas Pelaihari bersama unsur Forkopimda setempat, Rabu (2/2).

Menurut dia, RTP merupakan tempat strategis dan multi fungsi, juga bisa digunakan sebagai tempat berdiskusi dan pengembangan seni budaya.

"Kita berharap keberadaan RTP dapat memberikan nilai tambah pendapatan bagi rakyat kita yang berjualan di area ini,” harap Sukamta.

HM Sukamta juga mengungkapkan,  keinginannya agar perumahan tua yang masih memilki keaslian bangunan di area sekitar RTP Pasar Lawas tetap dipertahankan, agar kedepannya bisa dimanfaatkan sebagai wisata kota tua di Pelaihari.

“Kita ingin bangunan-bangunan tua yang masih asli di sekitar ini tetap dilestarikan, agar tercipta kesan menjadi kota tua Pelaihari dan kedepannya bisa menjadi wisata untuk memperkenalkan kepada generasi selanjutnya bagaimana gambaran Pelaihari zaman dahulu,”harap Sukamta.

Sukamta juga mengingatkan,  kepada para pedagang untuk terus menjaga dan memperhatikan kebersihan pada area RTP, agar membuat para pengunjung semakin nyaman.

Nur Latifah, salah seorang pedagang yang menempati stan pada pusat jajanan serba ada (pujasera) mengungkapkan rasa syukurnya setelah bisa berjualan di area RTP Pasar Lawas Pelaihari.

Wanita berparas ayu ini berharap,  setelah adanya penataan ini makin membuat pengunjung ramai singgah di area ini.

 “Alhamdulillah, kami bersyukur bisa dibangunkan tempat berjualan seperti ini dan kemarin saat mau menempati tidak mengeluarkan biaya apapun. Mudah-mudahan usaha kami disini makin ramai dan berkah untuk semua pedagang disini,” kata Nur Latifah.

Dari informasi Pemkab Tanah Laut,  sebanyak 37 stan  berdiri di RTP Pasar Lawas Pelaihari. 

Pada kesempatan itu Bupati Tanah Laut HM Sukamta bersama Unsur Forkopimda dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkab Tanah Laut meninjau langsung stan pada pujasera  di area RTP Pasar Lawas.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022