Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Tiga sekolah yang berada di daerah terpencil di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, mendapatkan bantuan fasilitas Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) dari Pustekkom Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Bidang Pendidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong Zainal Dahli di Tanjung, Kamis mengatakan, tiga sekolah yang mendapatkan bantuan yakni SMP Negeri 5 Haruai, SM Negeri 4 Haruai, dan SMP Negeri 5 Bintang Ara.

"Sebelumnya perwakilan dari Pustekkom Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan sosialisasi program di SMP Negeri 5 Haruai (Desa Panaan) dengan tujuan mempermudah belajar dengan Teknologi Informasi dan Komputer," jelas Zainal

Termasuk memberikan bantuan fasilitas TIK masing-masing proyektor, laptop, modem untuk internet, parabola hingga bio solar serta TV LCD.

Ironisnya di kawasan tersebut jaringan komunikasi masih minim termasuk jaringan listrik dan saat ini untuk penerangan menggunakan listrik tenaga surya.

Di Desa Panaan saat ini terdapat satu Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan kapasitas 15.000 watt bantuan dari Kementerian ESDM yang bisa melayani sekitar 300 Kepala Keluarga termasuk fasilitas umum seperti sekolah dan tempat ibadah.

"Bantuan peralatan pembelajaran dari pemerintah pusat diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan dan SDM di daerah terpencil selain itu pemerintah daerah juga melakukan peningkatan sarana dan prasarana sekolah," tambah Zainal.

Salah satunya rehab SD Negeri Salikung Kecamatan Muara Uya sebanyak empat lokal dari APBD kabupaten sebesar Rp449 juta.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015