Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Panitia Khusus Raperda perubahan Perda Nomor 3 tahun 2015 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan Pada Rumah Sakit Gigi dan Mulut Gusti Hasan Aman Kalimantan Selatan mempelajari pengelolaan RSGM Universitas Trisakti (Usakti) Jakarta.


"Kita perlu mempelajari pengelolaan RSGM Usakti sebagai studi komparasi," ujar Ketua Panitia Khusus (Pansus) dari DPRD Kalsel yang membahas Raperda perubahan Perda 3/2015, H Haryanto di Banjarmasin, sebelum betolak ke Jakarta, Kamis.

Mantan auditor pada Departemen Keuangan RI itu menerangkan, dalam studi komparasi ke RSGM Usakti tidak cuma berkaitan tarif pelayanan kesehatan, tapi juga bagaimana cara memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Selain itu, bagaimana hubungan dengan Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) bidang kesehatan, tutur politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

Permasalahan lain yang menjadi bahan studi komparasi, yaitu bagaiman persiapan RSGM Usakti tersebut menjadi tipe B pendidikan, lanjutnya menjawab anggota Press Room DPRD Kalsel.

Namun yang jelas, ungkap dia, teman-teman wakil rakyat di Pansus ini sependapat, tarif pelayanan kesehatan pada RSGM Gusti Hasan Aman milik pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel tersebut jangan sampai memberatkan beban pasein atau keluarganya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, kemungkinan besar tidak ada kenaikan tarif pelayanan kesehatan pada RSGM Gusti Hasan Aman Banjarmasin, yang belum berumur "setahun jagung" tersebut.

"Yang jelas ada beberapa jenis pelayanan RSGM milik Pemprov Kalsel tersebut belum ada ketentuan/besaran tarif. Jenis pelayanan baru itu seiring dengan perkembangan kemajuan dan tuntutan masyarakat," demikian Haryanto.

Pemprov Kalsel saat ini memiliki empat rumah sakit, yaitu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin yang berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Selain itu, Rumah Sakit Umum (RSU) dr H Moch Ansyari Saleh Banjarmasin, serta Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum di Jalan Gubernur Syarkawi Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, kedua rumah sakit milik Pemprov Kalsel tersebut juga sudah berstatus BLUD.

Kemudian RSGM Gusti Hasan Aman sebagai rumah sakit pendidikan bagi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin atas H Rudy Ariffin ketika menjadi Gubernur Kalsel selama dua periode (2005 - 2015).

Pewarta: Syamsudin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015