Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIb  Amuntai melakukan strategi pengamanan kawasan Lapas melalui kegiatan kebersihan lingkungan.

Staf KPLP Lapas Pebriyadi di Amuntai, Jum'at mengatakan, kawasan yang dinilai rawan dari segi keamanan selalu dibersihkan dari semak dan belukar untuk mempermudah pengamanan.

"Selain menjaga lingkungan, dengan membersihkan area tertentu menjadi salah satu bentuk keamanan dalam lapas" ujar Pebriyadi.

Pebri mengatakan, para warga binaan, diberikan tanggung jawab untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya.
 
Warga binaan di Lapas kelas IIb Amuntai melaksanakan kegiatan kebersihan di belakang kamar hunian Lapas, Jum'at (ANTARA/Eddy A/Humas Lapas Amuntai)

Kegiatan kebersihan lingkungan dilaksanakan satu hingga dua kali dalam seminggu oleh warga binaan secara bergantian. 

Area Beranggang (semacam selokan) yang berada di belakang kamar hunian warga binaan turut jadi lokasi yang dibersihkan

“Sebelumnya, kita pilih dulu dari warga binaan yang lain untuk membersihkan area beranggang tersebut, dengan pengawasan dari  petugas lapas,” katanya.

Area beranggang merupakan area steril dari aktivitas yang tidak berkepentingan. Pada area tersebut warga binaan tidak boleh masuk dan berkegiatan jika tidak mendapatkan izin dari petugas.

“Area tersebut terhubung dengan belakang kamar hunian warga binaan, maka penting agar selalu bersih, selain agar tidak menjadi sarang penyakit juga menghindari penyalahgunaannya, misal dilobangi untuk memasukkan sesuatu barang dari luar hunian," terangnya.

Para warga binaan, diberikan tanggung jawab untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya. Aktivitas kebersihan ini selalu diawasi petugas lapas.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022