Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Selatan (HSS), H Muhammad Noor  membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2023, Kecamatan Loksado, di aula kecamatan setempat.

Ia mengatakan, seluruh tahapan dalam penyusunan RKPD Kabupaten HSS tahun 2023 dan Rencana Kerja (Renja) perangkat daerah lingkup Pemkab HSS tahun 2023, menggunakan akses SIPD dengan tujuan untuk pengintegrasian perencanaan dan penganggaran.

"Inovasi sistem informasi yang berkelanjutan, terarah dan terpadu terhadap usulan mulai dari musrenbang desa atau kelurahan sampai dengan kecamatan, dilakukan melalui aplikasi sistem informasi musrenbang terpadu," katanya, saat membacakan sambutan tertulis Bupati HSS, H Achmad Fikry beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pembangunan jembatan Nagara terkendala pembebasan lahan

Dijelaskan dia, fokus pembangunan tahun 2023 mengarah pada UMKM, kesehatan, pendidikan, keterampilan serta investasi hilirisasi industri, pariwisata maupun pertanian.

Juga disampaikan hal lain yang perlu diperhatikan adalah kemampuan keuangan daerah, dalam kerangka ekonomi dan keuangan daerah. Dalam hal ini adanya proyeksi terhadap anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2023.

Tentunya memerlukan tansparansi, efisiensi, efektifitas, akuntabilitas dan terukur dalam pelaksanaannya, sehingga program dan kegiatan yang nantinya dilaksanakan akan mencapai sasaran pembangunan dalam RPJMD.

"Fokus pembangunan wilayah tentunya harus selaras dan terpadu antara pemerintah desa, pemkab, pemprov dan pusat, guna mencapai sasaran kinerja pembangunan di tahun 2023," katanya.

Baca juga: Dana tanggap darurat untuk perbaikan Jalan Samuda Bajayau terdampak banjir

Ditambahkan dia, sinergitas antar pemangku kepentingan diperoleh dengan kolaborasi program melalui pemetaan masalah pembangunan terhadap urusan dan kewenangan, serta tugas fungsi perangkat daerah terkait.

Dalam rangkaian kegiatan ini, juga diserahkan penghargaan bagi desa yang lunas paling cepat dalam pembayaran PBB yaitu dengan peringkat satu Desa Tumingki, kedua Desa Kamawakan, dan Ketiga Desa Panggungan, yang diterima langsung oleh kepala desa masing-masing.

Turut hadir, Ketua DPRD HSS, H Akhmad Fahmie, anggota DPRD HSS Pemilihan Dapil 2, para asisten dan staf ahli, kepala OPD beserta pejabat teknis, alim ulama, TP PKK Kecamatan Loksado, forum anak, para kepala desa, perangkat desa dan Sarjana Pendamping Desa Sejahtera se Kecamatan Loksado.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022