Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Hulu Sungai Selatan (HSS) bekerjasama dengan Balai Pengembangan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BPAUD dan DIKMAS) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyerahkan Alat Permainan Edukatif (APE), kepada para perwakilan pengurus PAUD, di SKB Kandangan.

Bunda PAUD HSS, Hj Isnaniah Achmad Fikry, di Kandangan, Rabu (29/12), mengatakan stimulasi pada anak usia dini adalah sebuah kegiatan yang dibutuhkan dalam merangsang kemampuan dasar yang dimiliki anak, agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal.

"Salah satu bentuk stimulasi yang dapat diberikan adalah melalui kegiatan bermain, dengan menggunakan APE," katanya, saat memberikan keterangan.

Baca juga: Peringatan hari ibu di HSS usung tema "Perempuan berdaya, Indonesia maju"

Dijelaskan dia, tujuan bantuan APE ini guna meningkatkan kualitas pembelajaran bagi anak-anak, di mana keberadaan APE bagi anak usia PAUD dan TK sangat membantu efektivitas belajar anak.

Dengan alat tersebut diharapkan dapat menyalurkan pesan dan merangsang pikiran, perasaan, perhatian, serta kemauan anak untuk belajar, serta menjadi komitmen pihaknya dalam meningkatkan sarana dan prasana PAUD di HSS.

Ia mengucapkan terima kasih kepada BPAUD dan DIKMAS Kalsel atas bantuan APE yang diberikan, karena dengan bantuan ini akan turut memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten HSS.

Baca juga: Gebrak vaksin PKK HSS dukung capaian target pemerintah

Selain itu, Ia juga berharap kepada para pengajar dan pengelola TK serta PAUD agar tidak hanya tergantung pada peralatan bantuan, jika memungkinkan dapat juga menggunakan APE tradisional.

"APE tradisional tentunya dapat dibuat dan disesuaikan dengan kegiatan belajar mengajar, sehingga anak-anak dapat menjadi generasi penerus yang membawa ke arah yang lebih baik lagi," katanya.

Turut hadir, Imam Musthofa selaku Widyaprada Ahli Madya Kalsel, Wakil Ketua I TP PKK HSS Srie Astuti Syamsuri Arsyad, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan HSS, Hj. Siti Erma, beserta jajaran.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021