Buruh lepas yang sedang bekerja membangun hotel diarea Duta Mall Banjarmasin itu terjatuh dan tidak beberapa lama kemudian meninggal setelah mendapat tindakan media di Rumah Sakit Suaka Insan Banjarmasin.

Menejer Umum Duta Mall Banjarmasin, Maria Agnes Aprillia di Banjarmasin, Kamis (14/7) mengatakan, kejadian jatuhnya buruh lepas tersebut diperkirakan sekitar pukul 11.00 wita dan langsung dilarikan kerumah sakit.

Buruh yang diketahui bernama Ismail (30) warga jalan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut Kalsel meninggal sekitar pukul 11.30 wita saat mendapat tindakan medis diruang Intensif care unit (ICU) rumah sakit Suaka Insan.

Selanjutnya, untuk saat ini Jenazah Ismail langsung di antar kerumah duka atau rumah keluarganya yang berada di Bati-Bati untuk kemudian disemayamkan guna pemakaman.

"Ismail jatuh saat sedang mengerjakan pembangunan hotel yang berlokasi di Duta Mall Banjarmasin, korban langsung dilarikan kerumah sakit, tidak beberapa setelah mendapat tindakan medis diruang ICU korban menghembuskan nafas terakhirnya," ucapnya.

Agnes menjelaskan, bahwa Hotel dan Duta Mall bukanlah jadi satu manejemen melainkan hanya saling kerjasama sehingga dengan meninggal buruh lepas tersebut bukanlah tanggung jawab dari pihak Duta Mall.

Untuk itu, meninggalnya buruh lepas tersebut merupakan tanggung jawab PT Wiguna Duta Graha (WDG) sebagai developer dari Hotel yang sedang dibangun itu, dan kemungkinan pihak PT akan bertanggung jawab atas dugaan kecelakaan kerja tersebut.

"Buruh lepas tersebut secara tidak langsung dibawah kendali pengawasan dari pihak PT WDG sebagai Developer Hotel yang sedang dibangun diarea Duta Mall tersebut dan kemungkinan besar pihak PT akan bertanggung jawab," terangnya.

Sementara itu Mandor dari Hotel tersebut, Kantung di Banjarmasin saat dikonfirmasi ANTARA, mengatakan bahwa Ismail diperkirakan jatuh dari salah satu lantai hotel yang sedang ia kerjakan bersama teman-temanya sesama buruh.

Lanjutnya, saat ini ia sedang mengantar Jenazah Ismail untuk dibawa ke rumah duka di jalan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut Kalsel guna disemayamkan dan dimakamkan nantinya.

Ia juga menjelaskan untuk segala tindakan medis yang sempat dilakukan sebelum korban meninggal hingga proses pemakaman itu nantinya semuanya akan ditanggung penuh oleh pihak PT Wiguna Duta Graha sebagai developer hotel yang sedang dibangun itu.

"Pihak Kita akan bertanggung jawab atas meninggalnya Ismail yang bekerja, tanggung jawab itu akan dilakukan mulai biaya tindakan medis yang sempat dilakukan hingga proses pemakaman jenazah Ismail ke peristirahatan terakhir," ungkapnya sambil berkata bahwa tidak bisa lama-lama untuk dikonfirmasi karena masih dalam keadaan berduka.

Sementara itu kasus tewasnya buruh lepas yang sedang bekerja membangun hotel diarea Duta Mall Banjarmasin itu saat ini diperkirakan akan ditangani oleh pihak Kepolisian Resor Kota Banjarmasin dan masih dalam proses penyelidikan untuk memastikan penyebab jatuhnya buruh tersebut dari bangunan hotel yang ada diarea Duta Mall tersebut. (gun/B) 

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011