Kotabaru, (AntaranewsKalsel) - Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, meminta dukungan pengelola PT Jababeka untuk membangun kawasan ekonomi khusus Mekar Putih, Pulaulaut Barat.

"Saya sangat mengharapkan dukungan dari PT Jababeka dan Pacific Asia Travel Association (PATA) kepada Kabupaten Kotabaru sehingga KEK bisa terwujud di Kotabaru," kata Penjabat Bupati Kotabaru H Isra usai melakukan kunjungan ke Jababeka, Senin.

Dikatakan, kunjungannya ke PT Jababeka dan PATA tersebut merupakan tindak lanjut dari kunjungan sebelumnya ke Kota Palu, Sulawesi Tengah, dalam mempelajari penetapan dan pengelolaan kawasan KEK di Kotabaru.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kotabareu H Ansyar Noor, menambahkan, diharapkan PT. Jababeka bersedia menjembatani Pemkab Kotabaru untuk berkoordinasi dengan sejumlah Kementrian terkait penetepan kawasan KEK Mekar Putih segera terealisasi.

Saat ini, lanjut Ansyar, Mekar Putih di Kabupaten Kotabaru sangat layak dijadikan sebagai kawasan KEK. Karena daerah tersebut memiliki banyak potensi wisata dan perikanan yang bisa mendukung terwujudnya KEK.

General Manager PT. Jababeka Agus Kanni, menuturkan, siap mendukung penuh langkah Pemerintah Kabupaten Kotabaru untuk mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus Mekar Putih di Kotabaru.

Keseriusan dituangkan dalam nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding antara PT Jababeka, PATA dengan Pemkab Kotabaru.

Pemkab Kotabaru, lanjut dia, setidaknya harus menyediakan lahan sekitar 500 hektare, Disamping itu sumber daya manusia di Kotabaru bisa lebih ditingkatkan agar pengelolaannya bisa dilakukan oleh putra daerah.

Menurut Direktur Marketing Pacific Asia Travel Association Purnomo menawarkan kerja sama di bidang Pendidikan, agar putra putri daerah Kotabaru yang berpotensi bisa mengenyam pendidikan di Universitas Presiden.

Purnomo juga menegaskan, PATA siap mendukung Pemerintah Kabupaten dalam hal Promosi produk produk unggulan Pemerintah Kabupaten.

Sementara itu, di daerah mekar Putih, Pulaulaut Barat, telah berdiri Pelabuhan Internasional PT Indonesia Bulk Terminal (IBT) yang digunakan untuk bongkar muat batu bara tujuan ekspor ke negara-negara eropa dan sekitarnya.

Daerah Mekar Putih merupakan perairan sangat baik untuk mendukung program KEK, mengingat perairan di daerah tersebut memiliki kedalaman sekitar 20 meter, cocok untuk kapal kargo berukuran besar.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015