Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah atau  BP Perda DPRD Kalimantan Selatan H Hormansyah mempromosikan objek wisata di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) kepada wakil rakyat dari Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Promosi objek-objek wisata HSU itu saat pertemuan dengan rombongan Badan Pembentukan (Bapem) Perda DPRD Sumut yang dipimpin Wakil Ketua Dewan Kalsel Muhammad Syaripuddin SE MAP di Banjarmasin, Senin (17/1/22) sore.

Objek wisata yang di promosikan wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel V/Kabupaten HSU, Balangan dan Kabupaten Tabalong itu antara lain kehidupan kerbau rawa pada kawasan Danau Pangang (sekitar 185 kilometer utara Banjarmasin).

Selain itu, wisata berupa itik panggang dan burung belibis goreng yang merupakan kuliner khas Amuntai atau "Hamuntai" ibukota HSU, ujar anggota DPRD Kalsel dua periode tersebut.

"Aku tak bicara banyak soal itik panggang dan burung belibis goreng, kalau coba kenikmatannya silakan datang ke Amuntai," ujar laki-laki bergelar sarjana hukum, sarjana agama dan magister hukum kelahiran 1970 itu.

Hormansyah yang juga Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa itu dengan lantang menyatakan dirinya menolak rencana perkebunan kelapa sawit pada kawasan rawa monoton HSU atau di kabupatennya yang sebagian besar merupakan daerah rawa.

"Sebab kehadiran perkebunan kelapa sawit bisa membuat kepunahan kerbau rawa. Karena tanaman kelapa sawit termasuk rakus air," demikian Horman.

Dalam pertemuan dengan wakil rakyat Sumut tersebut juga hadir Wakil Ketua Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kalsel Hj Dewi Damayanti Said SE MM, serta sejumlah pejabat instansi terkait tingkat provinsi itu.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022