Vaksinasi maritim TNI Angkatan Laut menyumbang capaian 73 persen dari populasi penduduk di Kalimantan Selatan (Kalsel) hingga berhasil melewati target pemerintah di akhir tahun 2021 lalu yaitu 70 persen.

"Alhamdulilah TNI AL turut berperan besar dalam pencapaian vaksinasi di Kalsel khususnya menyasar warga pesisir dan sektor maritim," terang Komandan Pangkalan TNI AL Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko M.Tr Hanla, Selasa.

Hingga saat ini TNI AL sudah berhasil memberikan suntikan vaksin COVID-19 kepada 20.798 warga Kalsel dalam 68 kali kegiatan serbuan vaksinasi.

Seperti pada Selasa, terdapat 190 orang telah divaksin di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Ash Shabirin Japan 9 Oktober, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin.

Herbiyantoko menyatakan saat ini fokus pihaknya membantu akselerasi pemberian vaksin bagi kelompok lansia yang capaiannya masih relatif rendah di beberapa daerah di Kalsel termasuk di
Banjarmasin kisaran 43 persen.

Untuk itu, dia memerintahkan tim vaksinator dari Balai Pengobatan (BP) Lanal Banjarmasin agar jemput bola menyasar lansia dari rumah ke rumah sesuai data Dinas Kesehatan ataupun puskesmas setempat.

Mengingat pentingnya capaian vaksinasi lansia yang dipatok pemerintah 60 persen agar bisa melaksanakan program vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun.

"Hal ini mendukung pula pembelajaran tatap muka di sekolah, kalau anak semua divaksin jadi lebih terlindungi," tambahnya.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022