Pelaihari, (Antaranews Kalsel) – Wakil Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Sukamta mengajak warga Desa Sungai Bakar, Kecamatan Bajuin memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami berbagai jenis sayuran.
     

“Mari kita manfaatkan lahan kosong di sekitar desa ini untuk ditanami berbagai jenis sayuran, sehingga dapat membantu pendapatan warga,” ujar Wakil Bupati Tanah Laut Sukamta, di Pelaihari, Jumat (2/10).
     
Menurut dia, apalagi dengan ketersediaan air yang cukup bagus, tentunya sangat mendukung untuk budidaya berbagai jenis sayuran dan lainnya.
     
Diutarakannya, ketika daerah lain mengalami kekeringan,  di Desa Sungai Bakar air masih cukup untuk berkebun, dan pemerintah siap membantu melalui bimbingan penyuluhan maupun bantuan peralatan.
     
Dijelaskannya,  apabila pemanfaatan lahan kosong benar-benar dilakukan dengan baik, maka diyakini akan menghasilkan pendapatan tambahan bagi warga desa.
     
Dia berharap, pemanfaatan lahan kosong dapat mengatasi ketersediaan pangan bagi daerah, khususnya Desa Sungai Bakar, dan umumnya Kabupaten Tanah Laut.
     
Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan Tanah Laut Nor Hidayat mengatakan, untuk membantu peningkatan usaha pertanian warga di Tanah Laut, pemerintah kabupaten telah membantu peralatan dan mesin pertanian.
     
Dijelaskannya,  bantuan alat dan mesin pertanian di daerah tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Tanah Laut maupun pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.
     
"Mudah-mudahan bantuan yang sudah diberikan kepada petani di daerah ini dapat memberikan manfaat, dan membantu peningkatan produksi pertanian,” demikian terangnya.

Pewarta: arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015