Tanjung (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 141 tenaga pendamping program Gerakan Pembangunan Menuju Masyarakat Sejahtera (Gerbang Emas) di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, mengikuti kuliah umum oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani.


Tenaga pendamping program Gerbang Emas yang mengikuti kuliah umum masing-masing 121 tenaga pendamping desa, 12 tenaga pendamping kecamatan dan 11 tenaga teknis, jelas Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Tabalong, Zulfanoor di Tanjung, Selasa.

"Sebelumnya para tenaga pendamping desa dan kecamatan sudah mengikuti bimbingan teknis dan hari ini mendapatkan kuliah umum dari Bupati sebagai perbekalan sebelum melaksanakan tugasnya," jelas Zulfan.

Dalam kuliah umummnya, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengatakan para pendamping program Gerbang Emas punya peran inisiasi keterpaduan kegiatan pembangunan di pedesaan agar tercapainya tujuan dan sasaran progam ini.

"Secara umum program Gerbang Emas bertujuan mempercepat pembangunan desa dengan menyinergikan seluruh potensi yang ada karena itu peran tenaga pendamping desa maupun kecamatan cukup berat untuk bisa menyukseskan pelaksanaannya," jelas Anang.

Melalui program Gerbang Emas Anang berharap bisa meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan kualitas serta kuantitas infrastruktur di desa.

Termasuk meningkatkan kapasitas masyarakat dan pemerintahan desa dalam melaksanakan pemerintahan, pembangunan serta kemasyarakatan.

  "Untuk tenaga administrasi kecamatan bertugas memfasilitasi perencanaan dan pemantauan serta menfasilitasi pengelolaan keuangan desa serta koordinasi pendampingan ke tingkat kecamatan," jelas Anang lagi.   

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015