“Perempuan berdaya, Indonesia maju" menjadi tema yang diusung dalam peringatan hari ibu ke-93, tahun 2021 tingkat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), yang dilaksanakan di Pendopo Bupati HSS.

Diawali lomba membuat cangkang Ketupat, persembahan Tari Langkah Sholawat dari Sanggar Seni Karamunting, dilanjutkan pembacaan sejarah singkat Hari Ibu oleh Dinie Irmalia, serta ditayangkan video ucapan selamat hari ibu dari perempuan inspiratif dan perempuan tangguh di Kabupaten HSS.

"Hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember merupakan bentuk pengakuan serta penghargaan atas perjuangan perempuan Indonesia dari masa ke masa," kata Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) HSS, Hj Yustika Elyani, Rabu (22/12).

Dijelaskan dia, peringatan Hari Ibu di Indonesia bukanlah Mother’s Day, melainkan momentum untuk mendorong perempuan Indonesia menjadi perempuan yang berdaya dan setara kedudukannya.

Baca juga: Gebrak vaksin PKK HSS dukung capaian target pemerintah

Bupati HSS, H Achmad Fikry, mengatakan sosok ibu adalah tonggak kokoh dalam menciptakan generasi hebat dan berakhlak lewat doa, perjuangan dan pendidikan yang diberikan kepada anak-anaknya untuk menjadikan Indonesia lebih maju.

Pihaknya ingin memaknai makna seorang ibu adalah bagaimana peran ibu di tengah-tengah masyarakat, jangan terjebak hanya pada seremonial saja setiap tahunnya.

 "Ada makna-makna yang harus kita ambil karena pada fase-fase COVID-19, para pengurus TP PKK serta organisasi wanita lainnya sangat berperan aktif,” katanya.

Ia mengucapkan Selamat Hari Ibu ke-93 bagi para wanita di Kabupaten HSS, serta beliau mengajak untuk selalu mendoakan para ibu agar diberikan keberkahan, kesehatan, dan kemuliaan oleh Allah SWT agar dapat lebih maju menjadi perempuan berdaya penuh kreativitas dan inovatif.

Dalam peringatan ini Bupati HSS menyerahkan beberapa prestasi yang di antaranya, Masjid Ramah Anak (MRA) yang diwakili Mesjid Al-Abrar, penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Madya tingkat nasional.

Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Pratama tingkat nasional dan juara satu lomba pencegahan perkawinan usia anak tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel)  yang diterima Dinas PPKBPPPA HSS.

Penyerahan hasil Penilaian Standarisasi Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) Sehati dengan kategori Madya tingkat nasional, hasil Penilaian Standarisasi Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) Palidangan Sehati dengan kategori pratama tingkat nasional  diterima Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan HSS.

Baca juga: Bunda PAUD HSS buka sosialisasi penguatan kapasitas PAUD

Penyerahan Juara I puskesmas dengan Pelayanan Ramah Anak (PRA) tingkat Provinsi Kalsel untuk Puskesmas Kandangan, yang diterima Kepala Dinas Kesehatan HSS.

Penyerahan Juara Utama Lomba Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah (PK2D) Tingkat Provinsi Kalsel, di Desa Badaun, Kecamatan Daha Barat yang diterima Camat Daha Barat.

Penyerahan Juara II Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Tingkat Provinsi Kalsel untuk Desa Tambak Bitin, Daha Utara dan juara II Industri Rumahan Tingkat Provinsi Kalsel untuk Desa Penggandingan, Daha Utara, serta penyerahan bingkisan bagi perempuan tangguh sebagai kepala keluarga.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, Wakapolres HSS Kompol Reinaldo, Ketua TP PKK HSS, Hj. Isnaniah Achmad Fikry, para kepala SKPD lingkup Pemkab HSS serta organisasi wanita.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021