Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan inspeksi mendadak (Sidak) ke Masjid Islamic Center dan Gedung Serbaguna 2 Desember, yang kini sedang dalam proses pembangunan.

Sidak tersebut dipimpin Ketua Komisi III DPRD HSS, Yuniarti, beserta jajaran di mulai ke lokasi pembangunan Masjid Islamic Center yang memiliki luas 2.000 meter persegi dengan jumlah tampung 2.500 orang, diperkirakan selesai di akhir tahun 2021.

"Pembangunan Masjid Islamic Center ini dengan dana anggaran sebanyak Rp49 miliar, dengan waktu pengerjaan selama 245 hari, kata Ketua Komisi III DPRD HSS, Yuniarti, Senin (27/12) kemarin.

Baca juga: Raperda pengelolaan sampah rumah tangga dan pajak daerah disetujui jadi perda

Dijelaskan dia, melakukan sidak ke Islamic Center yang mana ternyata ada addendum atau perubahan perjanjian, yaitu penambahan waktu pengerjaan pembangunan selama 50 hari ke depan.

Pihaknya mengharapkan perpanjangan waktu pembangunan Islamic Center ini bisa berjalan lancar dengan hasil yang maksimal, serta pembangunan Islamic Center ini menjadi kegiatan yang diprioritaskan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) HSS, Tedy Soetedjo, mengatakan bahwa pihak Pemkab HSS akan mengupayakan penyelesaian Masjid Islamic Center ini sesegeranya.

"Pelaksanaan pembangunan ini akan kami upayakan selesai, saat ini memang telah mengalami kemajuan sekitar 80 persen pada akhir bulan nanti, jadi kita akan melakukan perpanjangan 50 hari, di mana di dalam perpanjangan nanti kita usahakan selesai 100 persen sehingga bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya," katanya.

Dari lokasi pembangunan Mesjid Islamic Center, rombongan kembali melakukan sidak di lokasi pembangunan sidak di Gedung Serbaguna 2 Desember, yang berada di Ganda, Desa Ganda, Kecamatan Kandangan.

Baca juga: DPRD usulkan Raperda pengakuan dan perlindungan hukum adat Dayak Loksado

"Alhamdulillah progressnya terlihat cukup baik walaupun masih ada addendum yang akan diajukan oleh Dinas PUTR HSS berkenaan dengan teknis, kami hanya sebagai fungsi pengawasan yang mengawasi apakah kegiatan ini bisa terserap," kata Yuniarti.

Menanggapi itu, Kadis PUTR HSS mengatakan, proyek Gedung Serbaguna 2 Desember sudah sampai ke tahap akhir yaitu pemasangan atap juga pemasangan granit yang akan di selesaikan bersamaan pengerjaan plesterannya.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD HSS, Surya Rizani  menambahkan secara struktur pihaknya melihat dari segi fisik pembangunan sudah cukup baik, dan sesuai dengan harapan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021