Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala) pada  tahun 2021  mencanangkan enam desa berciri khas di daerah tersebut.

Kegiatan pencanangan diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tanah Laut tersebut  dibuka oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Sekretariat Daerah Tanah  Laut Muhammad Mursyi,  di Gedung Sarantang-Saruntung, Kamis (23/12). 

Enam desa dicanangkan menjadi desa berciri khas di Kabupaten Tanah Laut adalah, Desa Tungkaran, Kecamatan Pelaihari dengan ciri khas sebagai kampung durian, Desa Martadah Baru,  Kecamatan Tambang Ulang dikenal dengan kampung sasirangan, Desa Pandahan,  Kecamatan Bati-Bati berciri khas sebagai kampung kuliner jagung.

Selanjutnya, Desa Sungai Bakau,  Kecamatan Kurau berciri khas sebagai kampung pahat-pahat atau yang lebih dikenal dengan kerang bambu, Desa Tanjung, Kecamatan Bajuin berciri khas kampung Dayak Ngaju serta Desa Kandangan Baru, Kecamatan Panyipatan berciri khas sebagai kampung Kesenian Damuluk.

Bupati Tanah Laut HM Sukamta  dalam sambutannya dibacakan Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Setda Tanah Laut Muhammad Mursyi mengatakan, desa berciri khas merupakan sebuah inovasi.

Bahkan, sebut dia,  Bupati Tanah Laut ingin semua desa di kabupaten setempat bisa menggali potensi yang ada di desanya.

"Nantinya desa di daerah kita memiliki ciri khas masing-masing dan jangan takut untuk menjadi desa  berkembang. Semakin banyak desa di Kabupaten Tanah Laut bisa dibina menjadi desa dikembangkan menjadi desa berciri khas,  maka akan mempunyai daya tarik tersendiri untuk Bumi Tuntung Pandang,"ujar Mursyi.

Kegiatan itu dimeriahkan dengan penampilan Kesenian Damuluk dari Desa Kandangan Baru dan selayang pandang dari keenam desa yang menjadi desa berciri khas tahun 2021.

Turut hadir Kepala Dinas PMD Tanah Laut, para camat, para kepala desa, para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemkab Tanah Laut, para Perwakilan SKPD serta para tamu undangan. 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021