Upaya meningkatkan dan mengembangkan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berkualitas maka Kabupaten Hulu Sungai Selatan melaksanakan sosialisasi penguatan kapasitas Bunda PAUD tingkat kecamatan, desa dan kelurahan se HSS secara virtual.

Sosialisasi yang dilaksanakan di aula sekretariat Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dibuka secara resmi Bunda PAUD Kabupaten HSS, Hj Isnaniah, Achmad Fikry.

"Kegiatan ini bertujuan menguatkan pemahaman bersama mengenai pentingnya PAUDsebagai jenjang pondasi dari pendidikan dasar untuk meningkatkan akses, serta memberikan dukungan bagi satuan PAUD agar dapat menyediakan layanan PAUD yang berkualitas," kata Kepala Bidang PAUD dan PNF, Disdikbud HSS, Hj Pahrina Diati, Senin (6/12) kemarin.

Baca juga: Ketua TP PKK HSS semangati tim lomba makan serba ikan

Dijelaskan dia, penguatan kapasitas dan kualitas Bunda PAUD yang ada di Kabupaten HSS dan diikuti oleh 164 Peserta yang terdiri Bunda PAUD kecamatan, kelurahan dan desa, pengawas TK dan pendidik PNF se Kabupaten HSS.

Pelaksanaan kegiatan selama dua hari secara virtual dari tanggal 06 sampai dengan 07 Desember 2021, yang narasumbernya sendiri dari Disdikbud Kabupaten HSS.

Bunda PAUD, Hj Isnaniah Achmad Fikry, mengucapkan terima kasih atas kesadaran dan peran aktif semuanya untuk tetap mematuhi dan mentaati protokol kesehatan.

"Mari bersama -sama mendukung upaya pemerintah dalam penanganan dan penanggulangan pandemi COVID-19 di daerah kita tercinta, dengan penerapan protokol kesehatan serta menjadi pelopor menyukseskan program vaksinasi COVID-19," katanya.

Pihaknya memohon agar seluruh peserta yang hadir pada hari ini dapat mampu meningkatkan kompetensi lebih dalam, membentuk karakter anak usia dini, harus terus di lakukan untuk menciptakan pendidikan anak usia dini yang berkualitas lebih baik lagi ke depannya.

Optimalkanlah peran Bunda PAUD sebagai sosok panutan atau figur serta tokoh utama yang bekerja sebagai penyusun dan menunjukan kepedulian kepada PAUD, juga mengoptimalkan peran Bunda PAUD dalam meningkatkan layanan PAUD berkualitas dengan cara menggugah kesadaran masyarakat untuk terus mendukung lembaga PAUD.

Baca juga: Menu cipta B2SA PKK HSS tampilkan produk olahan pertanian lokal

Bunda PAUD diharapkan dapat berfungsi sebagai penggerak masyarakat di masa pandemi ini, peran Bunda PAUD sangat urgen dan sangat dibutuhkan dalam menggerakan semua pihak melalui kepedulian, pemberdayaan dan peran serta masyarakat dalam mendukung satuan PAUD untuk melakukan upaya penguatan pembelajaran dimasa pandemi.

"Untuk orang tua, tetap laksanakanlah pembelajaran dan simulasi perkembangan anak usia dini baik pembelajaran tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan, maupun pembelajaran dari rumah atau daring)," katanya.

Ditambahkan dia, keberadaan peran Bunda PAUD penting untuk menggerakan segenap komponen dan SDM yang ada, membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan, mendukung layanan PAUD berkualitas, serta bergandengan tangan dengan semua elemen masyarakat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021